DPR : INCO Simpan Potensi Konflik Tambang dengan Rakyat di Sulawesi
TB Hasanudin

Jakarta, Seruu.com - Politikus PDI Perjuangan, TB Hasanuddin mengatakan, ada 14 daerah yang rawan menjadi konflik besar bila tidak diselesaikan sedini mungkin. Salah satunya yang mengakar di Sulawesi menurut anggota komisi I DPR RI ini adalah PT. INCO yang memiliki daerah konsesi di Sulawesi Tengah dan Tenggara.

"Sengketa lahan yang kini masih terjadi, sewaktu-waktu bisa meledak. Bisa meledak seperti di Bima dan Mesuji," ujar TB Hasanuddin, Jumat (13/1/2012). "Salah satunya adalah INCO di Sulawesi.Pendudukan di Morowali itu baru satu konflik dari deretan wilayah yang dikuasai sepanjang Sulawesi Tengah dan Tenggara," imbuhnya.

Seperti diketahui kemarin ratusan warga di kecamatan Bahodopi, Morowali, Sulawesi Tengah melakukan pendudukan kantor INCO di kawasan tersebut. Kawasan yang merupakan daerah tambang nikel perusahaan INCO tersebut dinilai selama 44 tahun melakukan penggarapan sama sekali tidak menguntungkan warga disekitarnya.

"Hari ini rencananya kami akan melakukan pendudukan mes Karyawan dan alat-alat berat INCO di kilo 9," tutur Irwan Sos, humas aksi warga kepada seruu.com , Sabtu (14/1/2012).

Menurut Irwan , kantor INCO yang mereka duduki saat ini menjadi pusat konsolidasi bagi warga dan mahasiswa untuk menentukan langkah selanjutnya.

Aksi itu sendiri adalah buntut aksi ribuan warga yang dilakukan hari sebelumnya, Kamis (12/1/2012) di DPRD Kabupaten Morowali dan Kantor Gubernur Morowali. Aksi tersebut menuntut pengusiran INCO dari Morowali dan pengembalian tanah rakyat yang dikuasai INCO.

"Warga selama ini tidak bisa menggarap lahan mereka yang diklaim milik INCO karena dijaga aparat keamanan. Dulu bahkan warga kita sempat ditembaki karena disangka pencuri padahal mereka mengambil kayu dilahan sendiri," tutur Irwan.

Berikut 14 daerah yang bisa menjadi bom waktu konflik besar itu antara lain:
 
1. Masalah lahan sawit di Belitang Hilir kabupaten Sekadau Kalimantan Barat

2 . Masalah lahan tanah yang dirampas oleh pemerintah untuk pembangunan wilayah wisata di Gilitrawangan Selatan, Nusa Tenggara Barat

3 . Masalah sengketa tanah antara TNI AU dengan rakyat di Garut selatan dan Rumpin, Bogor, Jawa Barat

4. Sengketa tanah antara rakyat dengan TNI AD di Kebumen, Jawa Tengah.

5 . Sengketa lahan rakyat dengan PT Permata Hijau Pasaman, di Jorong Maligi,Kanagarian Sasak Ranah Pesisir, Sumatera Barat.

6 . Sengketa lahan sawit PT JMB dengan rakyat di Separi Tenggarong Kutai Kartanegara Kalimantan Timur.

7. Sengketa lahan sawit di Muara Tae Kutai Barat, Kalimantan Timur.

8 . Sengketa lahan sawit di Wanasalam/Malingping Kabupaten Lebak, Pandeglang, Provinsi Banten.

9. Sengketa lahan tambang milik INCO di Sulawesi Tengah dan Tenggara.

10. Sengketa lahan PT Medco Energy,  di Tiaka Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah yang telah menewaskan dua orang, salah satu diantaranya adalah mahasiswa

11. Sengketa di Donggi Sinorak di Kab Luwu,Banggai, Sulawesi Tengah

12. Sengketa Lahan sawit PT Sonokeling di Kabupaten Buol, Sulawesi Tengah

13. Sengketa lahan PT Citra Palu Mineral di Toli-toli, Sulawesi Tengah.

14. Sengketa lahan PT CPM di Paboya, Palu, Sulawesi Tengah. [musashi]

 

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU