S&P Pangkas Rating Kredit Prancis
Foto: Reuters

Seruu.com - Lembaga pemeringkat kredit Standard & Poor's (S&P) memangkas peringkat rating kredit Prancis dari kelompok rating AAA menjadi AA+, pada Jumat (13/1/2012). Selain Prancis yang merupakan salah satu kekuatan ekonomi di Eropa, sejumlah negara negara Eropa lainnya termasuk Spanyol dan Italia juga ikut turun.

Menurut pernyataan S & P, rating kredit Prancis dan  Austria turun menjadi AA + AAA sedangkan  Spanyol turun ke  A dan Italia  BBB +. S & P menyebutkan pemicu terpangkasnya rating kredit negeri di kawasan Euro adalah keputusan pemimpin Eropa  Desember lalu tidak cukup untuk mengatasi masalah utang di kawasan itu.

"Menurut kami, inisiatif kebijakan yang diambil pejabat Eropa beberapa pekan terakhir tidak cukup kuat mengatasi tekanan sistemik yang berlangsung di zona euro," kata S & P dalam sebuah pernyataan.

"Perjanjian politik tidak menyediakan sumber daya tambahan yang cukup atau fleksibilitas operasional untuk meningkatkan operasi penyelamatan Eropa, atau memperpanjang dukungan yang cukup bagi mereka pemimpin zona euro untuk mengalami tekanan pasar yang tinggi," tambah  pernyataan lembaga pemeringkat  itu.

Pengumuman peringkat oleh S&P yang berlangsung di Frankfurt itu, mengumumkan rating Finlandia, Belanda dan Luxembourg yang tetap berada pada peringkat AAA, tetapi mereka ditempatkan pada kelompok negatif.

Downgrade Perancis dan Austria diperkirakan akan mengancam potensi penyelamatan Eropa senilai 440 miliar euro (US$ 558 miliar). Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa berencana mendanai paket penyelamatan Yunani, Irlandia dan Portugal yang berasal dari penjualan obligasi negara Eropa yang memiliki rating AAA, termasuk Perancis sebagai jaminan utama dari wilayah Eropa. [xinhua/mdi]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU