SeruuMart - Digital Marketplaces
             Jumat, 21 Juli 2017
Tags Popular
16 Robot Bertarung Dalam Kontes di Unhas

Seruu.com - Sebanyak 16 tim robot mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Pulau Sulawesi bertarung dalam babak penyisihan "Celebes Robot Kontes 2012" di Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Sabtu (14/1/2012).

Di hari pertama kompetisi ketangkasan robot di gedung Pusat Kegiatan dan Penelitian (PKP), penyelenggara dari Organisasi Kemahasiswaan Jurusan Elektro (Okje) Fakultas Tekhnik Unhas mempertandingkan 60 lebih partai yang terbagi dalam empat grup.

Grup A diisi Robo Red dari Politeknik Negeri Ujungpandang (PNPU) Jurusan Elektro, Law 02 Team Politeknik Palu, Robotron 02 Universitas Negeri Makassar (UNM) Elektronika, Cokstro Elektro Unhas, DRC Child STMIK Dipanegara Makassar.

Untuk grup B terdiri atas, TTR Promeru STMIK Dipanegara, Alpha Team Politeknik Palu, Robotron 1 UNM Jurusan Elektronika, Pataba Part 2 Tadulako, Robo Black PNUP Elektro.

Sedangkan, grup C dihuni Robo Gold PNUP Jurusan Elektro, Simpotove Politeknik Palu, Robocrab M01 PNUP Jurusan Mesin, dan Akrotech Universitas Tadulako.

Sementara grup D terdapat, Batiatus MPX4 Jurusan Mesin Unhas, TTR Seconderu STMIK Dipanegara, Robocrab M02 PNUP Jurusan Mesin, serta Rotari Palu Universitas Tadulako.

Hingga pukul 17.00 WITA, dari 40 partai babak penyisihan yang sudah dipertandingkan belum ada satupun tim robot yang menuntaskan semua rintangan untuk mendapatkan nilai 1 termasuk tim dari PNUP yang menjadi juara pada kontes yang sama di 2011.

Setiap tim menampilkan dua robot yakni robot manual dan robot otomatis yang bekerjasama membangun sebuah menara paling lambat tiga menit atau 180 detik.

Robot manual bertugas mengangkat tiga struktur bangunan yang berada di titik berbeda untuk disatukan menjadi sebuah menara pada satu titik.

Ketiga struktur bangunan ini memiliki lubang ditengah sehingga bisa tertembus sebuah tiang yang disiapkan oleh robot otomatis.

Selain menyiapkan stikpot, robot otomatis juga bertanggungjawab menuntaskan bangunan yakni memasang penutup menara.

Hampir seluruh tim robot yang bertarung menemui kesulitan untuk menggerakkan robot otomatis, kecuali salah satu robot dari peserta yang mampu mengangkan penutup menara ke tiga struktur bangunan yang sudah tersusun. Sayangnya pas saat diletakkan penutup menara tersebut jatuh.

Ketua panitia, Hasrianto, menjelaskan, setiap robot maksimal memiliki panjang, lebar maupun tinggi maksimal 30 centimeter (cm) sebelum bergerak dan maksimal berukuran 50 cm saat sedang bergerak atau mendekati sasaran.

Ia mengemukakan, seluruh babak penyisihan selesai hari ini, lalu dilanjutkan dengan semi final, final, dan penyerahan hadiah bagi pemenang, Minggu 15 Januari.

Hasrianto menambahkan, kontes ini menjadi ajang pemanasan bagi tim robot Perguruan Tinggi di Kawasan Timur Indonesia sebelum menjajal Kontes Robot Nasional dan Kontes Robot Cerdas Nasional 2012. 
[ndis]

BAGIKAN
KOMENTAR SERUU