Cina Kecam Tindakan Sanksi AS Terhadap Perusahaan Minyaknya

Beijing, Seruu.com - Pemerintah Cina mengecam sanksi yang dijatuhkan Amerika Serikat untuk perusahaan Cina, Zhuhai Zhenrong yang menjual produk-produk minyak olahan ke Iran. Kementerian Luar Negeri Cina mengatakan bahwa menerapkan sanksi terhadap Zhuhai Zhenrong berdasarkan undang-undang Amerika Serikat adalah sesuatu yang tak masuk akal.

"Menjatuhkan sanksi terhadap perusahaan Cina berdasarkan undang-undang AS sama sekali tidak masuk akal dan tidak sesuai dengan isi resolusi Dewan Keamanan PBB atas isu nuklir Iran," kata juru bicara Kemenlu Cina, Liu Weimin.

Washington menuding Zhuhai Zhenrong adalah satu dari tiga perusahaan pemasok produk-produk minyak olahan terbesar ke Iran. "Cina menyatakan kekecewaannya dan secara tegas menolak sanksi," ujar Weimin.

Kementerian Luar Negeri AS mengatakan sanksi itu dijatuhkan untuk mencegah perusahaan tersebut mendapatkan lisensi ekspor dari AS, pendanaan dari bank ekspor impor AS atau pinjaman lebih dari US$10 juta dari lembaga keuangan AS.

Dan sanksi ini adalah bagian dari upaya internasional untuk memaksa Iran menghentikan ambisi nuklirnya. Uni Eropa juga telah sepakat untuk mengikuti jejak AS membekukan aset-aset milik Bank Sentral Iran dan menjatuhkan embargo impor minyak Iran.
 
Sanksi terhadap ekspor minyak Iran menjadi perhatian serius Cina, yang membutuhkan banyak pasokan energi untuk menjaga pertumbuhan ekonominya. Iran saat ini adalah pemasok minyak mentah terbesar untuk Cina disusul Angola dan Arab Saudi. [bbc/jf]

BAGIKAN
KOMENTAR SERUU