Presiden Guetemala Terpilih diambil Sumpahnya
Otto Perez Molina (Getty)

Seruu.com - Presiden Guetemala terpilih, Otto Perez Molina diambil sumpahnya setelah memenangi pemilu pada November lalu.

 

Sebagaimana diwartakan BBC, Minggu (15/1/2012) Perez Molina yang merupakan mantan jenderal militer di negara itu berjanji akan memerangi tingginya angka kriminal di negara tersebut.

Dia juga berjanji untuk mengatasi persoalan perdagangan obat bius yang marak di negara tersebut.

Janji lainnya yang sempat dia lontarkan kepada pemilihnya adalahnya pengurangan angka kemiskinan dan kasus anak yang mengalami kekurangan gizi.

Terpilihnya Molina menjadi catatan tersendiri bagi demokrasi Guatemala karena dia menjadi figur militer pertama yang memimpin negara itu sejak pemilu demokratis berlangsung pada tahun 1986 di negara itu.

Ketertarikan warga di negara itu terhadap Molina keinginan mereka untuk bebas dari tingginya angka kriminal yang diduga didalangi oleh sejumlah geng kriminal jalanan.

Molina yang memimpin Partai Patriotik dari barisan sayap kanan menjanjikan untuk mengembalikan keamanan di negara itu dengan pendekatan 'tangan besi.'

Kasus kriminal terakhir yang muncul adalah aksi penembakan seorang anggota kongres negara itu bersama saudara lelakinya di pusat kota Guatemala City.

Meski harapan banyak digantungkan pada Molina namun catatan kritis juga diberikan kepada presiden baru Guatemala itu.

Dia disoroti perannya dalam perang sipil yang berlangsung selama 36 tahun di negara tersebut, saat itu militer dituding terlibat dalam berbagai aksi kekejaman terhadap warga sipil.

Sebagian juga menilai keinginan untuk mengungkap kejahatan masa lalu di negara itu yang melibatkan pihak militer akan terhambat di bawah kepemimpinan Molina.

Namun Molina yang meninggalkan dunia militer sekitar sepuluh tahun lalu membantah tuduhan yang menyebut dia bertanggung jawab terhadap kejahatan dan pelanggaran HAM. [BBC]

BAGIKAN
KOMENTAR SERUU