Standard & Poor's Downgrade 9 Peringkat Negara Eropa, Emas Kena Imbas
Emas (Reuters)

Singapura, Seruu.com - Harga emas terpantau melemah seiring dengan downgrade atas peringkat utang sembilan negara Eropa oleh lembaga pemeringkat global Standard & Poor's (S&P) yang memperlihatkan kondisi ekonomi kawasan prestisius tersebut semakin mengkhawatirkan.

 

Seperti dilansir Reuters, Senin (16/1/2012), harga emas turun 0,3 persen ke USD1.634,94 per ounce setelah pada akhir pekan lalu juga turun 0,7 persen. Dengan demikian, harga logam mulia ini kembali turun di bawah harga rata-rata selama 200 hari, USD1.637,89. Harga emas AS juga turun 0,3 persen.

Sementara harga emas PT Antam Tbk, seperti dikutip dari logammulia.com, Senin (16/1/2012) dibanderol Rp505 ribu per gram untuk emas batangan ukuran satu kilogram (kg). Sementara untuk emas ukuran lima gram harganya Rp515 ribu.

Akhir pekan lalu, S&P menurunkan peringkat utang jangka panjang untuk sembilan negara Eropa termasuk Prancis dan Austria, serta menjatuhkan outlook negatif atas 14 negara. Hanya Jerman yang masih bertahan di level AAA.

Investor akan terus mengawasi perundingan antara Yunani dan kreditur bank membahas kesepakatan pertukaran utang sukarela minggu ini, setelah perundingan terhenti pekan lalu di tengah pesimisme.

Permintaan emas di pasar global utama India diperkirakan naik 5 sampai 7 persen pada 2011 dan diprediksikan tumbuh 10 sampai 15 persen lebih tahun ini seiring melemahnya harga emas  setelah naik baru-baru ini. [reu/ir]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU