Ifdhal Kasim: Polisi Represif, Kasus Ham Tahun 2011 Meningkat!
Ifdhal Kasim, Komnas HAM

Jakarta, Seruu.com - Meningkatnya pengaduan masyarakat terhadap kasus Hak Asasi Manusia (HAM)  kepada Komisi Nasional HAM (Komnas HAM) di tahun 2011 lebih banyak dikarenakan represifitas aparat polisi dalam menangani kasus sengketa lahan yang terjadi.

 

"Hampir seluruh kasus yang kami terima di KOMNAS HAM disebabkan karena represifnya aparat polisi dalam menangani kasus sengketa lahan selama ini," tutur Ifdhal Kasim, ketua Komnas HAM di Gedung DPR, Senin (16/01/2012) siang.

Ifdhal menambahkan, harus dilakukan peninjauan ulang terhadap keberadaan Brimob di daerah-daerah terutama di daerah perkebunan dan pertambangan terutama daerah yang rawan konflik.

"Saat terjadi konflik sengketa lahan antara masyarakat dengan perusahaan perkebunan atau pertambangan yang terjadi selama ini, keberadaan aparat polisi karena adanya pengaduan pihak perusahaan kepada aparat sehingga yang terjadi di lapangan pihak aparat lebih berada di pihak perusahaan dan represif dalam menangani segala aksi penolakan yang dilakukan oleh masyarakat," tegas Ifdhal.

Komisi Nasional HAM, Senin hari ini datang menemui Komisi III DPR memberikan laporan hasil penyelidikan pelanggaran HAM dan tindaklanjutinya serta masalah aktual kepada Komisi III DPR.

Dan, dari 4351 kasus yang ditangani oleh KOMNAS HAM didomiansi mengenai kasus sengketa lahan antara warga dengan perusahaan baik perkebunan, hph-hti maupun pertambangan. [cesare]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU