Polisi Jadi Pelanggar HAM Nomor Wahid, PKS Minta Akar Masalah Juga Harus Diperhatikan
Akar permasalahan yang terjadi paling mendasar adalah masalah agraria. Ini perlu ada perhatian dari pemerintah dan harus kelihatan pemerintah itu ada,

Jakarta, Seruu.com - Polri menjadi pelaku pelanggar HAM nomor wahid selama 2011. Namun, hal itu dinilai wajar karena polisi sering melakukan tindakan eksesif.

"Ini konsekuensi. Secara undang-undang memang tugas mereka mengayomi dan mengamankan masyarakat. Jadi wajar kalau ujungnya, Polri seakan-akan paling menjadi catatan di 2011," kata anggota Komisi III DPR, Abubakar Alhabsyi di Gedung DPR, Jakarta, Senin (16/1).

Namun, akar masalah dari hal tersebut perlu diidentifikasi agar tak hanya Polri yang disalahkan. "Akar permasalahan yang terjadi paling mendasar adalah masalah agraria. Ini perlu ada perhatian dari pemerintah dan harus kelihatan pemerintah itu ada," katanya.

Menurutnya, anggapan Komnas HAM yang menyebut kasus Bima bukan pelanggaan HAM berat tak bisa diterima. Sebab, hal itu akan membuat polisi terlihat kebal hukum.

"Bagaimana masalah pertambangan, perkebunan, pertanahan. Bagaimana daerah, kalau polisi memang bertugas mengamankan bisa saja. Tapi apapun jadinya kalau tidak sesuai dengan protap atau tidak sesuai dengan UU, polisi harus kena sanksi juga," katanya. [cesare]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU