Ifdhal Kasim : Polisi Belum Juga Ungkap Siapa Penembak Warga Bima Dalam Tragedi Sape

Jakarta, Seruu.com - Ketua Komisi Nasional HAM Ifdhal Kasim menyatakan hingga kini belum bisa mengidentifikasi penembak dua korban tewas dalam kerusuhan di Pelabuhan Sape, Bima, NTB, 24 Desember lalu. Berdasarkan keterangan kepolisian dan hasil otopsi, korban bukan ditembak oleh polisi. "Dua warga tewas itu belum jelas siapa penembaknya," ujar Ifdhal dalam dengar pendapat bersama Komisi Hukum DPR, Senin, 16 Januari 2012.

Komnas HAM menemukan tiga korban tewas dalam pembubaran paksa masyarakat yang memblokir pelabuhan Sape itu. Dua korban, Arif Rahman, 18 tahun, dan Syaiful, 17 tahun, ditemukan 700 meter dari Pelabuhan Sape.

Menurut Ifdhal, hingga kini Komnas HAM belum bisa mengidentifikasi jenis peluru yang menembus tubuh Arif Rahman dan Syaiful. Namun, kepolisian sudah menyatakan bahwa keduanya tewas bukan dari tembakan polisi. "Menurut polisi, itu bukan peluru yang dimiliki Brimob dan reserse," ujarnya.

Berdasarkan fakta itu, Komnas HAM meminta kepolisian memaparkan secara terbuka hasil otopsi yang dilakukan tim forensik terhadap kedua korban. "Kami minta polisi memastikan siapa penembaknya," ujar Ifdhal.

Hingga kini Komnas mengaku belum menemukan selongsong peluru di lokasi kejadian karena setelah penembakan polisi langsung memunguti selongsong yang bertaburan pelabuhan.

Aksi blokir Pelabuhan Sape bermula dari penolakan warga terhadap Surat Keputusan Bupati Nomor 188/45/357/004/2010 tentang izin eksplorasi PT Sumber Mineral Nusantara. Warga meminta Bupati mencabut izin tersebut karena dikhawatirkan membahayakan perekonomian masyarakat.

Pemblokiran yang dilakukan sejak 19 Desember itu dibubarkan paksa polisi pada 24 Desember. Semula pembubaran berlangsung damai, namun akhirnya polisi bertindak represif. Akibatnya tiga orang tewas, 30-an warga luka tembak, dan 10 luka-luka karena kekerasan oleh polisi. [ms]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU