Dinyatakan Gagal, Sejumlah Calon Anggota KPU-Bawaslu Gelar Protes di Kemendagri

Jakarta, Seruu.com- Hari ini beberapa calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemillu (Bawaslu) yang tak lolos hasil seleksi administrasi oleh Tim Seleksi Penyelenggara Pemilu mendatangi Kantor tim seleksi KPU lantai 3 Kemendagri, Jln. Merdeka Utara No.7 Jakarta Pusat

Mereka menuntut tim seleksi untuk mengumumkan hasil pemeriksaan berkas ulang kepada masyarakat dan pendaftar secara transparan.Disamping itu juga, Mereka menuntut tim seleksi untuk menarik pernyataan yang menyebutkan hasil seleksi administrasi calon anggota KPU-Bawaslu sudah final.

"Ramlan harus menyampaikan permohonan maaf kepada publik atas kebohongan informasi yang disampaikan kepada masyarakat. Jadi hari ini kami meminta tim seleksi untuk memeriksa ulang berkas calon dalan waktu 1x24 jam," ungkap Said Salahudin Koordinator Sigma, yang juga salah satu calon yang dinyatakan gagal, saat ditemui Seruu.com (16/1/2012).

Said juga mememinta agar berkas pendaftaran dihadirkan dan dibuka kembali dalam pertemuan. "Agar dapat diklarifikasi jenis dokumen dan syarat yang belum dipenuhi calon. Hal ini sebagai sampel untuk menguji kemungkinan telah terjadi kekeliruan dalam proses pemeriksaan administrasi dari ratusan calon yang tidak lolos," jelasnya.

Saat ini lanjut Said, tim seleksi telah melakukan pembiasan terkait diumumkan hasil calon yang tidak memiliki pengalaman. "Apakah ini karena calon pernah melaporkan hampir seribuan kasus pelanggaran yang melibatkan pejabat negara," ungkap Said.

"Untuk itu, kami menghimbau kepada tim seleksi untuk meneguhkan integritas, dengan menghindari rasa takut, ataupun gengsi untuk merevisi hasil seleksi administrasi demi tegaknyaa kebenaran dan keadilan," pungkasnya.

Sebelumnya, menurut Ketua Tim seleksi calon Anggota KPU, Ramlan Surbakti, Tim Seleksi telah menyaring calon anggota KPU 106 orang, dan Bawaslu 61 orang, dari sekitar 900 pendaftar "Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) menjamin seleksi calon penyelenggara pemilu untuk periode 2012-2017 berlangsung objektif," kata Ramlan kepada wartawan, Jumat kemaran.

Seleksi administrasi berupa, Kelengkapan dokumen, pemenuhan syarat dan pengalaman langsung calon dalam bidang kepemiluan sudah melawati 2 tahapan baik secara screening oleh sekretariat dan pemeriksaan dokumen oleh 8 anggota tim seleksi.

Pantauan seruu.com di lokasi hingga dua jam berlalu, tidak ada satupun tim seleksi menemui para calon yang melakukan protes (calon yang tidak lolos seleksi KPU-Bawaslu).

Berikutnya Nama-nama pemerotes yang mendatangi kantor timsel : Said Salahudin (calon anggota Bawaslu), Hadi setiadi (calon anggota KPU), Sudarta Siringo-ringo (calon anggota Bawaslu), Ramaon Dearnov (calon anggota KPU), Nadjamuddin Ramly (calon anggota KPU). [Simon Salakory]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU