TPGF Mesuji : Polisi Terima Uang Dari Perusahaan

Jakarta, Seruu.com - Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) kasus Mesuji menemukan data adanya aliran dana kepada oknum polisi untuk pengamanan lahan kawasan hutan yang dipersengketakan oleh warga. Polri direkomendasikan menegaskan larangan bagi anggotanya menerima uang jasa pengamananan.

"Kami menemukan dokumen pembiayaan penertiban kawasan hutan atau pengamanan yang dananya dari perusahaan. Ini perlu dibenahi," ujar Wamenkum HAM, Denny Indrayana.saat pemaparan temuan akhir dan rekomendasi TGPF di Kantor Kemenko Polhukam, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta, Senin (16/1/2012) .

Denny juga menyebut aliran uang tersebut mengganggu netralitas dan profesionalitas aparat di lapangan. Langkah pembenahan yang TGPF rekomendasikan kepada Mabes Polri terdiri dari tiga tahapan.

Pertama, pembenahan prosedur penanganan konflik serta mobilitas personel Polri di lapangan. Kedua, menambah alokasi anggaran untuk keperluan penanganan konflik yang melibatkan warga.

"Setelah anggaran cukup, TGPF merekomendasikan Kapolri menerbitkan larangan penerimaan dana dari pihak ke tiga untuk menjaga profesinalisme," tambah Denny tentang rekomendasi ke tiga. [ms]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU