Ini Kesimpulan Akhir TPGF Mesuji : Polisi Memihak Pengusaha dan Langgar Protap Hingga Menewaskan Warga!

Jakarta, Seruu.com - Tim Gabungan Pencari Fakta Kasus Mesuji menyatakan menemukan fakta keperpihakan aparat keamanan kepada perusahaan dalam kasus sengketa lahan itu. Temuan berdasarkan penyelidikan terhadap konflik yang terjadi di tiga kawasan yaitu Register 45, Desa Sritanjung, Kabupaten Mesuji, Lampung, serta Desa Sodong, Kecamatan Mesuji, Sumatra Selatan.

Ketua tim Denny Indrayana menyatakan temuan itu berdasar pada penelusuran dari berbagai sumber dalam bentuk dokumen ataupun wawancara. Diantaranya dari polisi, lembaga swadaya masyarakat (LSM), dan warga setempat.

"Ada pembiayaan dari perusahaan dalam penertiban kawasan hutan dan pengamanan perkebunan," ujarnya di Kementerian Koordinator Politik, Hukum, dan HAM, Senin 16 Januari 2012.

Denny menyebutkan aparat keamanan mengabaikan prosedur tetap sesuai Peraturan Kapolri Nomor 1 Tahun 2009.

"Aparat juga didanai perusahaan. Ini perlu diperbaiki untuk menjaga netralitas dan profesionalitas mereka dalam bekerja," ujarnya.

Berdasarkan investigasi yang dilakukan tim pencari fakta pada tiga wilayah di Mesuji, ditemukan korban tewas sebanyak sembilan orang. Satu orang tewas di Register 45, satu orang lainnya di Desa Sritanjung, Lampung, serta tujuh tewas dalam kasus bentrok di Desa Sodong, Sumatra Selatan.

"Dari tujuh orang yang tewas, lima dari pihak PT SWA (Sumber Wangi Alam), selaku pengamanan swasta dan dan dua dari masyarakat," ujarnya.

Tim pencari fakta merekomendasi agar kasus kematian di Register 45 dilakukan penelusuran lebih lanjut.

"Untuk kematian atas nama Made Asta di Register 45, lanjutnya, TGPF menemukan video baru yang berbeda dengan video yang sudah tersebar ke masyarakat. Jadi kami merekomendasikan adanya pendalaman lebih lanjut," ujar Denny.

Lebih lanjut Denny menjelaskan bahwa Komnas HAM bisa melanjutkan penelurusan meninggalnya Made."Sudah menjadi kompetensi dari Komnas HAM untuk bisa menetapkan ada tidaknya pelanggaran HAM," lanjutnya. [ms]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU