Bom Mobil Meledak, Sedikitnya Tewaskan 9 Warga di Irak

Irak, Seruu.com - Sebuah bom mobil meledak di tempat penampungan pengungsi Syiah di kota Mosul, Irak, Senin (16/1). Sumber rumah sakit dan kepolisian setempat menginformasikan bom terseebut sedikitnya telah menewaskan sekitar sembilan orang dan melukai lima orang.

Serangan bom itu merupakan yang terakhir dari serangkaian serangan terhadap sasaran Syiah sejak krisis politik meletus sebulan lalu yang mengancam koalisi pemerintah yang rapuh setelah penarikan pasukan AS dari Irak, lapor Reuters. Di mana terjadi perpecahan antara Syiah, Sunni dan blok Kurdi pasca penarikan mundur pasukan Amerika.

"Kejadian ini adalah akibat dari konflik kepentingan politik, dan kami orang miskin membayar harga yang mahal untuk itu," kata Abu Ebrahem, Punduduk desa, kepada Reuters.

Kejadian ini bukan kali pertama penyerangan terhadap kelompok Syiah. Sebelumnya, pembom bunuh diri yang menyamar sebagai polisi, berhasil menewaskan sedikitnya 53 orang dan melukai puluhan lainnya dalam seranganya di sebuah pos pemeriksaan di kota Basra.

Ketegangan politik di Irak meningkat sejak Desember lalu ketika Perdana Menteri Nuri al-Maliki (Syiah) memerintahkan penangkapan wakil presiden Tareq al-Hashemi (Sunni). Konflik ini dikhawatirkan akan berlanjut pada konflik sekterian.

Mosul merupakan wilayah yang mempunyai hubungan erat dengan kubu Al-Qaeda. Sejak tahun 2003 kota ini telah menjadi saksi invasi-invasi yang dilakukan Amerika Serikat. [jf]

BAGIKAN
KOMENTAR SERUU