Mabes Polri Bersikukuh Penyebab Tewasnya Tahanan Anak Sijunjung Bunuh Diri

Jakarta, Seruu.com - Mabes Polri tetap bersikukuh penyebab tewasnya dua kakak beradik Faisal Akbar (17), dan Budri (14) di kamar mandi tahanan anak Polsek Sijunjung, Sumatera Barat pada 28 Desember 2011 lalu karena gantung diri.

"Iya bunuh diri tapi apakah sebelum digantung apakah ada penganiayaan itu masalah lain. Tewasnya itu gantung diri, soal waktu menangkap terjadi penganiayaan ya ini kita sedang selidiki," kata Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri, Komjen Polisi Sutarman Selasa (17/1).

Menurutnya, berdasarkan hasil otopsi, ada tanda-tanda orang gantung diri. "Adanya tekanan di leher itulah yang menyebabkan tewas. Tapi kalau ada indikasi penganiayaan itu akan jadi masalah lain," ujarnya.

Sebelumnya berdasarkan temuan tim investigasi Komnas HAM Sumbar dan LBH Padang, tim menemukan beberapa kejanggalan terkait tewasnya dua tahanan tersebut. Di antaranya, adanya bercak darah pada tubuh korban saat jenazah korban sampai di rumah, keterangan dokter yang melakukan otopsi tidak pernah menyebutkan tersangka bunuh diri.

"Kami menduga kedua tersangka telah terjadi penyiksaan, pembiaran atasan atas penyiksaan yang menyebabkan tersangka meninggal. Juga, dugaan pembohongan publik dilakukan polisi untuk menutupi kasus itu dari pihak keluarga dan masyarakat. Rencananya, hasil temuan ini kami serahkan ke Komnas HAM pusat," terang Katua Komnas HAM Sumbar, Ali Ahmad. [jf]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU