KPK Apresiasi Kesaksian Rosa

Jakarta, Seruu.com - Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Zulkarnain mengaku sangat menghargai pengakuan dari terpidana kasus suap pembangunan Wisma Atlet SEA Games Mindo Rosalina Manulang (Rosa). "Kami menghargai sekali keterangannya. Diharapkan yang lain juga begitu (mencontoh)," kata Zulkarnain di Jakarta, Selasa (17/1/2012).

Menurut mantan koordinator staf ahli Kejaksaan Agung (Kejagung) ini, KPK berharap ke depan banyak orang yang mengetahui suatu kasus korupsi berani jujur dalam memberikan keterangan. Zulkarnain menjamin, bagi para pihak yang memberikan keterangan yang gamblang akan dilindungi oleh penegak hukum.

"Sehingga, penegak hukum dapat menindak dengan tegas para pelaku kejahatan. Sebagaimana, harapan dari masyarakat," jelasnya.

Sebelumnya, Rosa telah dijatuhi hukuman 2,5 tahun penjara dan denda Rp200 juta subsider enam bulan kurungan oleh Majelis Hakim Pengadilan Tipikor, Jakarta pada 21 September 2011.

Ia bersama mantan Manajer Marketing PT Duta Graha Indah (DGI) terbukti memberikan tiga lembar cek senilai Rp3,2 miliar kepada Sekretaris Kementerian Pemuda dan Olahraga (Seskemenpora) nonaktif Wafid Muharam.

Rosa juga memberikan empat lembar cek senilai Rp4,3 miliar kepada mantan Bendahara Umum Partai Demokrat Muhammad Nazaruddin.

Keterangan Rosa dalam persidangan Nazaruddin dinilai penting karena beberapa kali tercatat pembicaraan antara Rosa dan anggota Badan Anggaran dari Komisi X DPR Angelina Sondakh mengenai aliran dana proyek Wisma Atlet SEA Games Palembang 2011.

Hanya saja, konspirasi itu sengaja ditutupi dengan menggunakan istilah-istilah, seperti apel malang, pelumas, semangka, ketua besar, bos besar, dan sebagainya.

Sidang pengadilan tipikor dengan terdakwa M Nazaruddin, kemarin, sekaligus sebagai membutuhkan konfirmasi langsung dari Rosa untuk menjelaskan apa yang dimaksudkan dengan istilah-istilah tersebut. [nurholis]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU