Partai Aceh Sambut Gembira Putusan Mahkamah Konstitusi

Jakarta, Seruu.com - Partai Aceh (PA) menyambut baik putusan sela Mahkmah Konstitusi yang memerintahkan KIP (Komite Independen Pemilu) Aceh  membuka kembali pendaftaran calon kepada daerah dalam pemilukada Aceh.

Putusan tersebut dinilai, setidaknya telah mengembalikan kepercayaan rakyat Aceh kepada Pemerintah Pusat, kata juru bicara PA Fachrul Razi, seusai persidangan gugatan pemilukada Aceh di Gedung Mahkamah Konstitusi, Selasa (17/1). "Kami tentu saja menyambut baik putusan sela ini. Setidiknya ini telah mengembalikan kepercayaan rakyat," katanya.

Terhadap kemungkinan PA segera mendaftarkan calonnya, Fachrul Razi menyatakan masih harus menunggu pertemuan konsolidasi "sigom Aceh" yang akan diselenggarakan dalam waktu dekat.

Respon postif terhadap putusan sela MK itu juga disampaikan anggota Fraksi PA Dewan Perwakilan Rakyat Aceh (DPRA), Abdullah Saleh. "Kita merespon positif putusan sela MK tersebut yang membuka kembali pendafataran calon. Tapi soal ditunda atau tidaknya pemilukada Aceh, kita tunggu saja putusan akhir MK," kata Abdullah Saleh seusai mengikuti jalannya sidang.

Politisi Aceh Karimun Usman yang juga hadir di gedung MK, menyebut putusan sela tersebut sebagai putusan yang arif. "Tapi kita tetap mengharapkan penyempurnaan qanun sebagai landasan hukum pemilukada Aceh," kata Karimun Usman.

Kuasa hukum KIP Imran Mahfudi, SH mengatakan KIP sejak awal akan taat pada aturan hukum dan siap menjalankan apapun putusan hukum. "Dengan adanya putusan sela ini, KIP segera melakukan penyesuaian. Dan untuk ini akan dibicarakan dalam pleno KIP secepatnya," kata Imran. [ndis] 

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU