Dialog Dengan Presiden, Kapolri Minta Tambah Anggaran dan Pasukan

Jakarta, Seruu.com - Kepala Kepolisian RI Jenderal Polisi Timur Pradopo meminta tambahan anggaran bagi Polri. Permintaan tambahan anggaran diajukan menyusul eskalasi politik dan sosial yang diperkirakan akan semakin memanas hingga 2014 mendatang. Eskalasi itu terjadi akibat kemiskinan dan pemilihan kepala daerah (pilkada).

Hal tersebut disampaikan Timur Pradopo dalam pidato pembukaan rapat pimpinan tahunan Polri di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa (17/1). Rapat pimpinan itu dihadiri langsung oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Timur menyatakan, pada 2012 diperkirakan membutuhkan anggaran maksimum Rp48,8 triliun. Jumlah itu lebih besar Rp18 triliun dari anggaran yang telah ditetapkan APBN 2012, yaitu Rp34,4 triliun.

Timur juga berharap ada tambahan personel sebanyak 10 ribu orang tahun ini. Jumlah personel Polri yang kini 400 ribu lebih dinilai masih belum optimal untuk mengatasi keamanan dalam negeri, terutama di daerah-daerah dengan tingkat kejahatan tinggi, seperti di Sumatra Utara, Sumatra Barat, Sumatra Selatan, DKI Jakarta, dan Kalimantan Timur. [lori/ndis]

BAGIKAN
KOMENTAR SERUU