Mahfud MD : Putusan MK Mampu Redakan Situasi di Pekanbaru

Jakarta, Seruu.com - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD menyatakan keputusan akhir MK, Jumat (13/1) lalu, dengan memenangkan pasangan nomor calon nomor urut 1, Firdaus-Ayat Cahyadi (PAS) telah membuat situasi dan kondisi tidak menimbulkan gejolak di masyarakat Pekanbaru, Riau. Meski awalnya berlangsung panas, Pemilukada Pekanbaru yang berlangsung rumit terkait soal status perkawinan itu, akhirnya bisa dituntaskan dan kondusif.

"Putusan MK telah membuat situasi dan suasana Riau menjadi kondusif, tidak seperti sebelumnya yang membara, " ujar Mahfud MD seusai rapat konsultasi  DPD RI dengan MK, di gedung DPR/MPR/DPD RI, Jakarta, Selasa (17/1/2012).

Mahfud mengatakan putusan akhir MK dalam perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) pemilukada kota Pekanbaru dengan registrasi perkara No. 63/PHPU.D-IX/2011, diperlukan untuk memberikan kepastian hukum, utamanya masalah Pemilukada Pekanbaru yang rumit tersebut.

"Pekanbaru yang rumit saja, sudah selesai sekarang. Tidak ada gejolak lagi, Riau menjadi kondusif. Keputusan MK diperlukan untuk memberikan kepastian hukum, terutama masalah Pemilukada. Masalah Pemilukada baru selesai ketika MK sudah mengeluarkan putusan, " katanya.

Terkait sengketa pemilukada di berbagai daerah, menurut Mahfud, MK telah bekerjasama dengan DPD untuk mensosialisasikan putusan. Ia mengungkapkan bahwa sejak tahun 2008 sampai saat ini,  dari 440 perkara Pemilukada, MK sudah menangani 392 perkara kepala daerah dan permohonan yang dikabulkan 45 perkara (diulang dan empat diskualifikas). "Dari 440 pemilukada di Indonesia, 392 yang berperkara atau lebih dari 80 persen yang berperkara, " ujar Mahfud.

Ditegaskan Mahfud, jika ada ketidakpuasan atau protes terkait Pemilukada pasca keluarnya putusan MK, merupakan hal biasa. Namun semua bisa dituntaskan setelah keluarnya putusan MK. 

"Kalau ada protes-protes paling hanya dua hari saja dan semua baru selesai kalau ada putusan MK. Bayangkan kalau tidak ada putusan MK, " ujarnya seraya tetap berharap keputusan MK dapat disosialisasikan Anggota DPD di dapilnya masing-masing. [mus]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU