Korea Dipaksa Kurangi Beli Minyak Iran
Ilustrasi (Istimewa)
"Kami mendesak semua mitra kami umtuk membantu kami, bekerja sama dengan kami dalam mendesak pemerintah Iran untuk berunding dengan serius," - Einhorn

Seoul Seruu.com - Pejabat tinggi Amerika Serikat pada hari Selasa mendesak Korea Selatan dan negara-negara lain mengurangi pembelian minyak dari Iran. AS ingin menerapkan sanksi terhadap Teheran menyangkut program nuklirnya.

 

Robert Einhorn, penasehat khusus bagi non-proliferasi dan senjata Departemen Luar Negeri AS, mengeluarkan pernyataannya itu ketika berunding dengan Wakil Menlu Korsel Kim Jae-Shin.

"Kami mendesak semua mitra kami umtuk membantu kami, bekerja sama dengan kami dalam mendesak pemerintah Iran untuk berunding dengan serius," kata Einhorn,yang tiba di Korsel, Senin untuk lawatan tiga hari.

"Kami mendesak mereka mengurangi pembelian minyak mentah dari Iran dan tidak melakukan perjanjian keuangan dengan bank sentral Iran."

Einhorn berjanji akan membantu kebutuhan ekonomi sekutu-sekutu kuatnya.

Korsel yang negara industri itu, yang mengimpor seluruh minyak mentahnya, adalah sekutu dekat AS dan menampung 28.500 tentara AS di negara itu.

Tetapi dalam 11 bulan tahun lalu, Korsel mengimpor 9.6 persen seluruh minyak mentahnya dari Iran.[ant/ast]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU