Wikipedia Pimpin Aksi Protes UU Antipembajakan AS, Wikipedia English Blackout Selama 24 Jam Kedepan
Blackout di Laman Wikipedia English

Seruu.com - Wikipedia tidak omong kosong memprotes undang-undang anti pembajakan baru di AS. Versi Bahasa Inggris situs itu telah dimatikan. Blackout itu akan digelar selama 24 jam oleh Wikipedia. Mereka yang berusaha mengakses Wikipedia Bahasa Inggris awalnya akan melihat halaman yang diinginkan namun sekejap kemudian halaman itu ditutup halaman hitam.

Sebuah teks muncul di halaman hitam tersebut. Begini bunyinya:

Imagine a World Without Free Knowledge

For over a decade, we have spent millions of hours building the largest encyclopedia in human history. Right now, the U.S. Congress is considering legislation that could fatally damage the free and open internet. For 24 hours, to raise awareness, we are blacking out Wikipedia.


"Bayangkan Sebuah Dunia Tanpa Pengetahuan Bebas

Selama lebih dari satu dekade, kami telah menghabiskan jutaan jam untuk membangun ensiklopedia terbesar dalam sejarah manusia. Kini, Kongres AS mempertimbangkan sebuah perundangan yang bisa berakibat fatal pada internet yang merdeka dan terbuka. Selama 24 jam, demi meningkatkan kesadaran akan isu ini, kami menggelapkan Wikipedia."

Sebelumnya Pendiri Wikipedia telah melontarkan ancaman blackout lewat blog pribadinya.

"Jangan meremehkan kekuatan kami. Menurut saya, pemerintah takut jika publik melakukan pemberontakan. Dan kami (Wikipedia) akan memulai hal itu," tulis Wales di blog pribadinya, Rabu (14/12/2011). Karena, menurut Wales, dibutuhkan sebuah pemberontakan umum untuk menghentikan hal itu.

Wales pun mengundang Wikipediawan, sebutan untuk para kontributor di Wikipedia, untuk memberikan pandangan mereka atas tindakan tersebut dalam sebuah jajak pendapat.

Wikipediawan sebelumnya telah menggunakan taktik serupa untuk memberi tekanan politik, tetapi dalam skala yang lebih kecil. Mereka menutup Wikipedia bahasa Italia sebagai salah satu protes terhadap aturan kepolisian setempat yang melarang publikasi hasil rekaman polisi. Selama tiga hari pada bulan Oktober, pengunjung Wikipedia berbahasa Italia disambut oleh pernyataan yang mengkritik peraturan tersebut, dan Wikipedia meminta agar peraturan itu segera dihapus. [gendis]

 

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU