Jatim Jadi Tuan Rumah Porwanas Dan HPN 2013
Gubernur Jatim H. Soekarwo saat menerima pengurus PWI Jatim di ruang kerjanya
Jadi wartawan memiliki fungsi non liputan Negara, tetapi dapat memberikan solusi untuk menangani masalah-masalah yang ada di masyarakat. Fungsi inspirasi dari wartawan kepada instansi dapat terwujud nyata

Surabaya, Seruu.com - Jawa Timur siap menjadi tuan rumah Pekan Olah Raga Wartawan Nasional (Porwanas) dan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2013.  

 

Hal tersebut disampaikan Gubernur Jawa Timur Dr. H. Soekarwo saat menerima Ketua dan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jatim 2011-2016 yang baru saja terpilih dari hasil Konfrensi Cabang (Konfercab) PWI Jatim, di Ruang Kerja Kantor Gubernur Jatim Jalan Pahlawan No. 110 Surabaya, Rabu (18/1/2012).

Dikatakan pria yang akrab dipanggil pak de Karwo ini, Jatim perlu tantangan untuk mendapatkan achievement atau semangat agar Jatim menjadi lebih baik. Sehingga Pemprov Jatim mendukung pelaksanaan Porwanas dan HPN tersebut.

Bagi Pemprov, kedua kegiatan tersebut memiliki banyak efek positif dalam jangka panjang misalnya sebagai alat promosi daerah Jatim. Untuk itu, Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim meminta kepada PWI Jatim, Biro Humas dan Protokol, Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Prov. Jatim, serta Dinas Pemuda dan Olahraga Prov. Jatim berkoordinasi untuk melaksanakan dan menyukseskan Porwanas dan HPN tahun 2013.

Pada kesempatan yang sama, Pakde Karwo mendukung kegiatan yang akan dilakukan PWI Jatim antara lain Pelantikan Pengurus PWI Jatim yang akan diselenggarakan di Grahadi, Selasa (31/1/2012) mendatang, serta Program sertifikasi wartawan yang didalamnya terdapat uji kompetensi bagi wartawan di Jatim. Mengenai uji kompetensi wartawan, menurut Pakde Karwo, hal itu merupakan langkah yang baik apabila dilakukan karena dapat membangun profesionalisme Wartawan.

Namun yang perlu diperhatikan agar uji kompetensi tersebut tidak menjadikan pers menjadi struktural dan eksklusif. “Sehingga bersama-sama kita meningkatkan profesionalisme wartawan,” ujarnya. Ia juga mengusulkan, wartawan tidak saja menulis berita tetapi juga membuat buku mengenai solusi terhadap masalah-masalah yang dihadapi Negara yang dikirimkan kepada Pemerintah Pusat.

“Jadi wartawan memiliki fungsi non liputan Negara, tetapi dapat memberikan solusi untuk menangani masalah-masalah yang ada di masyarakat. Fungsi inspirasi dari wartawan kepada instansi dapat terwujud nyata” jelasnya. Dijumpai usai pertemuan, Ketua PWI Jatim Ahmad Munir mengatakan, silaturahmi ini dilakukan untuk memperkenalkan pengurus PWI Jatim 2011-2016 serta menyampaikan kegiatan yang akan dilaksanakan Pelantikan Pengurus PWI Jatim dan Program Sertifikasi Wartawan melalui Uji Kompetensi untuk memenuhi amanat Undang-Undang dari Dewan Pers Nasional.[Yudi]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU