SeruuMart - Digital Marketplaces
             Rabu, 26 Juli 2017
Tags Popular
Sidang Rusuh Tiaka, Hakim Jatuhkan Vonis 5 Bulan Terhadap 3 Terdakwa dari Warga

Palu, Seruu.com - Tiga dari 16 terdakwa kasus kerusuhan lapangan minyak Tiaka, Kabupaten Morowali, Sulawesi Tengah, pada 22 Agustus 2011 dituntut lima bulan penjara dalam persidangan di Pengadilan Negeri Palu, Rabu (18/1/2012).

Putusan hukuman terhadap Wahyudin, Husen, dan Syarifudin tersebut lebih ringan dari tuntutan jaksa sebelumnya yakni enam tahun penjara.

Majelis hakim yang diketuai Hariyanto tersebut memvonis ketiganya lima bulan penjara dipotong masa tahanan setelah terbukti melakukan tindak pidana dalam pasal 170 ayat 1 KUHPidana.

Majelis hakim dalam putusannya mengatakan, hal-hal yang memberatkan terdakwa adalah akibat perbuatan sehingga merugikan PT Pertamina JOB Medco. Sementara yang meringankan terdakwa belum pernah dihukum dan bersikap sopan selama dalam proses persidangan.

Tim pengacara terdakwa yang diketuai Saraswati mengatakan tim pengacara akan menunggu seluruh proses persidangan terhadap 16 terdakwa selesai baru kemudian apakah akan mengajukan banding atas putusan hakim tersebut atau tidak.

Saraswati mengatakan timnya juga akan mempersoalkan penanganan kasus kerusuhan Tiaka yang menewaskan dua warga sipil. Dari kasus tersebut belum ada seorang pun pelaku dari kepolisian yang diusut dan diproses di pengadilan umum.

Menurut rencana sidang putusan atas 13 rekan terdakwa akan dilanjutkan lagi pada Jumat (20/1). Pada persidangan sebelumnya 15 dari 16 terdakwa dituntut enam bulan penjara sementara seorang diantaranya yakni Zainuddin dituntut delapan bulan atas tuduhan undang-undang darurat karena menggunakan senjata api saat kerusuhan berlangsung.

Sementara senjata api tersebut merupakan milik polisi yang bertugas mengamankan kawasan lapangan minyak Tiaka milik PT Pertamina JOB Medco.

Kericuhan di ladang minyak MEDCO di Tiaka menewaskan dua orang yang salah satunya adalah mahasiswa Universitas Negeri Gorontalo. Saat itu aparat melakukan penembakan terhadap perahu yang dinaiki warga untuk meninggalkan lokasi protes di ladang minyak milik MEDCO. [musashi]
 

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU