Jenderal Timur Berjanji Tidak Akan Petieskan Kasus Mesuji

Jakarta, Seruu.com - Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Timur Pradopo akan memproses temuan Tim Gabungan Pencari Fakta Mesuji (TGPF), terutama yang menyangkut masalah pidana. "Semua temuan kalau memang ada bukti yang bisa diproses, akan kita proses," ujar Timur, Kamis (19/1/2012).

TGPF Mesuji tengah merampungkan penyelidikan kasus kekerasan di Mesuji, Lampung, dan Sumatera Selatan, sebelum menyerahkan hasil rekomendasi akhir ke Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan Djoko Suyanto. Polri kini masih menindaklanjuti rekomendasi sementara yang dipaparkan TGPF pada 2 Januari lalu. "Apa yang disampaikan di Kemenko Polhukam terus kita ungkap lagi," ujar Timur.

TGPF memberikan enam rekomendasi sementara kepada Menko Polhukam. Beberapa rekomendasi tersebut untuk mendorong percepatan proses hukum terhadap para pelaku utama yang menyebabkan korban jiwa di tiga wilayah, memberi bantuan hukum kepada para tersangka agar prosesnya berjalan adil, serta mengupayakan perlindungan saksi, pelapor, atau korban yang terkait dengan kejadian ini.

Tim juga mengusulkan pemerintah untuk memberi bantuan pengobatan penuh kepada korban-korban yang sedang menjalani perawatan. Tim bentukan Presiden tersebut juga mendesak proses hukum kepada para spekulan tanah yang memanfaatkan situasi di Register 45.

Terkait dengan penggunaan tenaga pengamanan swasta, tim merekomendasikan perlunya evaluasi mengenai standar dan kualitas kerjanya. [fajri]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU