Mengaku Tidak Pernah Tentukan Spesifikasi Teknis, Pimpinan Banggar Pojokkan Setjend
Tamsil Linrung
Hal-hal teknis dibahas eksekutif. Jadi spesifikasi itu bukan dari Badan Anggaran. Kami tidak mengusulkan masalah teknis. Kami hanya minta dibikinkan ruangan,"

Jakarta, Seruu.com - Badan Anggaran DPR mengakui mereka meminta dibuatkan ruang rapat kepada Sekretariat Jenderal. Namun, permintaan tersebut tak diiringi dengan detail spesifikasi. "Ada suratnya, permintaan kami ajukan melalui mekanisme yang benar. Tapi kan selama berkembang pembicaraan informal," kata Wakil Ketua Badan Anggaran Tamsil Linrung seusai rapat dengan Badan Kehormatan DPR, di DPR, Jakarta, Kamis (19/1).

Hari ini Badan Kehormatan memanggil empat pimpinan Badan Anggaran untuk menguak lebih jauh kemungkinan penyimpangan renovasi ruang rapat yang menelan dana Rp20,3 miliar. Tamsil menyebut, surat berisikan permintaan Badan Anggaran tentang ruangan. Surat serupa juga ada dari alat kelengapan DPR lainnya.

Sementara Wakil Ketua lainnya, Olly Dondokombey menegaskan, spesifikasi ruangan tersebut dibuat Sekretariat Jenderal DPR, bukan oleh Badan Anggaran.

"Hal-hal teknis dibahas eksekutif. Jadi spesifikasi itu bukan dari Badan Anggaran. Kami tidak mengusulkan masalah teknis. Kami hanya minta dibikinkan ruangan," tegas politikus PDI Perjuangan itu.

Hal senada diungkapkan Ketua Badan Anggaran DPR Melchias Markus Mekeng. Menurutnya, masalah teknis pembangunan direncanakan Sekretariat Jenderal. Ia mengaku tak tahu mengenai hal tersebut.

"Sekjen yang mendesain. Bukan kami. Kami hanya butuh ruang. Itu yang kami butuhkan. Masalah spesifikasi itu ditentukan Sekjen DPR," katanya.

Mekeng membenarkan jika Badan Anggaran memberi usulan terkait panduan pembuatan ruang. "Kami mengusulkan agar warna cat ruangan tak tendensius ke partai tertentu, serta agar tata cahaya ruangan lebih terang," tegasnya.

Untuk meminimalisasi permasalahan, pimpinan Badan Anggaran dan Badan Kehormatan bersepakat tak menggunakan tempat tersebut hingga dilakukannya postaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan. [cesare/ms]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU