SeruuMart - Digital Marketplaces
             Selasa, 25 Juli 2017
Tags Popular
Wah, Penelitian Barclays Capital : Pembangunan Gedung Pencakar Langit Identik Dengan Krisis
Menara Dubai

Seruu.com - Ada "korelasi tidak sehat" antara konstruksi gedung pencakar langit dan krisis ekonomi, hal ini diungkapkan laporan baru  Barclays Capital, seperti dikutip dari Reuters. Pembangunan gedung Empire State di New York pada 1930, serta menara kembar di Kuala Lumpur pada 1997 dan menara Dubai pada 2010, semuanya disusul krisis ekonomi, ungkap laporan tersebut.

"Seringkali pencakar langit tertinggi  hanyalah  bentuk dari maraknya pembangunan gedung-gedung tinggi, yang mencerminkan salah alokasi modal dan segera tibanya koreksi ekonomi," demikian bunyi laporan tersebut.

"Penyelesaian gedung Menara Petronas di Kuala Lumpur pada 1997, diikuti oleh krisis ekonomi wilayah yang lebih luar dan runtuhnya mata uang Asia," kata laporan itu.

Para investor harus memberikan perhatian khusus kepada China dan Skyscraper Index memperingatkan bahwa China pada saat ini mendirikan 53 persen dari 124 gedung pencakar langit yang direncanakan untuk enam tahun ke depan.

Pada saat ini, China sudah merampungkan 75 gedung pencakar langit dengan tinggi lebih dari 240 meter.

India juga baru saja merampungkan dua gedung pencakar langit, dan masih ada 14 gedung yang sedang dalam perbaikan.

Hasil penemuan laporan tersebut juga membuktikan ketakutan untuk warga London, yang pada saat ini  melihat kerangka bangunan baru pada cakrawala kota, termasuk konstruksi yang akan menjadi bangunan tertinggi di Eropa
Barat, dengan tinggi 310 meter bernama "Shard".

Laporan ini mencatat bahwa gedung pencakar langit pertama di dunia, gedung Equitable Life di New York, telah selesai pada 1873 dan bertepatan dengan resesi selama lima tahun. Gedung ini akhirnya dihancurkan pada tahun 1912.

Contoh lainnya adalah Chicago Willis Tower, sebelumnya dikenal sebagai Menara Sears, dibangun pada tahun 1974, tepat saat kenaikan tajam harga minyak  menggetarkan ekonomi dan patokan dolar AS terhadap emas
ditinggalkan.

Gedung tertinggi di dunia adalah Burj Khalifa di Dubai yang memiliki tinggi mencapai 828 meter, diikuti oleh gedung Taipe 101 setinggi 508 meter dan Shanghai World Financial Center setinggi 492 meter.
[ndis]

BAGIKAN
KOMENTAR SERUU