Salju Longsor di Afghanistan Bunuh 28 Orang
Ilustrasi (Istimewa)

Seruu.com - Sedikitnya 28 orang meninggal dunia setelah hujan salju deras yang diikuti longsor mengubur sejumlah desa di Provinsi Badakhstan, Afghanistan, Kamis (19/1/2012).

Tim penolong dilengkapi helikopter masih melakukan pencarian dan memasok kebutuhan bagi warga desa yang selamat dari terjangan longsor.

"Dari data terakhir jumlah korban tewas 28 orang, 45 orang terluka dan 600 ekor ternak mati di tujuh distrik di Badakhstan," kata Abdul Maroof Rasikh, seorang juru bicara pemerintah provinsi seperti dikutip AFP.

Diperkirakan jumlah korban tewas akan meningkat karena masih puluhan orang yang diduga terjebak di bawah longsoran salju setebal tiga meter.

Selain mengubur sejumlah rumah, salju tebal juga menimbun jalan raya utama sehingga semakin menyulitkan upaya penyelamatan.
Lebih berat

Pemerintah Provinsi Badakhstan mengakui hujan salju dan longsor tahun ini jauh lebih berat dibanding tahun lalu.

"Salju tahun ini jauh lebih banyak ketimbang tahun lalu. Pada 2011 saja kami mencatat 20 orang tewas akibat salju longsor," tambah Rasikh.

Kementerian Pertahanan Afghanistan menyediakan dua unit helikopter yang digunakan untuk membawa bahan makanan untuk warga yang terjebak longsor.

Setiap musim dingin hujan salju dan longsor selalu memakan korban jiwa di Afghanistan.

Pada 2010, salju longsor menewaskan lebih dari 150 orang di perlintasan Salang di pegunungan Hindu Kush yang menghubungkan Kabul dengan wilayah-wilayah Afghanistan utara. [BBC]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU