Kyai Maman: Aksi Bakar Diri Sondang Puncak Kekecewaan Aktivis yang Geram Melihat Ketidakadilan
Sondang Hutagalung
Sondang melakukan bunuh diri karena akar masalah yaitu Ketidakadilan. Misalnya saja saat ini kita melihat fenomena prostitusi di tengah kehidupan masyarakat, terus banyak yang menilai itu haram dan sebagainya, sementara akar masalahnya adalah kemiskinan dan kesenjangan sosial, apa mungkin orang lahir ke dunia ini mau jadi pelacur, tentu tidak kan? - Kyai Maman

Jakarta, Seruu.com- Pimpinan Pondok Pesantren Al-Mizan Jatiwangi, Majalengka, Jawa Barat, Kyai Maman menagtakan bahwa aksi bakar diri yang dilakukan Almarhum Sondang Hutagalung merupahkan puncak dari represi kekecewan dari seorang aktivis yang geram melihat ketidakadilan di Indonesia.

"Kebijakan yang menindas rakyat, serta ketidakmampuan negara untuk menyelesaikan kasus pelanggaran ham, Membuat Sondang kecewa dan mengorbankan dirinya, menjadi martir ," ungkap Kyai Maman saat ditemui Seruu.com, Kamis (19/1/2012).

Kyai Maman menjelaskan bahwa, Memang di dalam Agama Islam tidak menganjurkan 'Bunuh Diri', tetapi agama juga mengimbau untuk kita melihat semua masalah tidak dari luar saja.

"Sondang melakukan bunuh diri karena akar masalah yaitu Ketidakadilan. Misalnya saja saat ini kita melihat fenomena prostitusi di tengah kehidupan masyarakat, terus banyak yang menilai itu haram dan sebagainya, sementara akar masalahnya adalah kemiskinan dan kesenjangan sosial, apa mungkin orang lahir ke dunia ini mau jadi pelacur, tentu tidak kan?," papar Kyai Maman.

Terkai aksi bakar diri sondang, menimbulkan pro/kontra ditengah masyarakat, ada yang menilai tindakan itu sebagai frustasi lalu bunuh diri, tapi tak sedikit juga memahami sebagi suatu torobosan perjuangan terhadap ketidakadilan.

Ditambahkan oleh kyai maman, Sosok Sondang Hutagalung merupahkan aktivis HAM yang dekat dengan korban dan selalu berada terdepan setiap aksi demonstrasi, paling tidak bagi kita yang ditinggalkan.

"Jangan kita lupahkan begitu saja pengorbanan Almarhum. Sementara untuk pemerintah, jangan remehkan apa yang dilakukan Sondang, karena mereka yang khawatir, mereka yang ketakutan dan mereka yang memandang negatif aksi bakar diri ini tidak bukan adalah orang yang tidak mengingkan Negeri ini tumbuh menjadi Bangsa besar," pungkasnya. [simon salakory]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU