1.200 Anak Tuna Wicara Belajar Tulis dan Baca Al-Quran
Ilustrasi (Istimewa)
"Semua anak dan umat muslim di dunia ini harus bisa menulis dan membaca Al-Quran. Oleh karena, saat ini, kami mengajak anak tuna wicara tersebut belajar membaca dan menulis huruf Al-Quran,"

Surabaya, Seruu.com - Sekitar 1.200 anak tuna wicara belajar menulis dan membaca Al-Quran di Masjid Al-Akbar Surabaya, Kamis (10/5/2012), dalam kegiatan "Khotmil Quran Bil Qolam" yang digagas pengurus Nahdlatul Ulama Jawa Timur (NU Jatim).

Ketua Pengurus Wilayah (PW) NU Jatim, KH. Mutawaqqil Alallah, menjelaskan bahwa acara tersebut merupakan ide kreatif untuk memfasilitasi anak-anak tuna wicara supaya belajar menulis dan membaca Al-Quran.

"Semua anak dan umat muslim di dunia ini harus bisa menulis dan membaca Al-Quran. Oleh karena, saat ini, kami mengajak anak tuna wicara tersebut belajar membaca dan menulis huruf Al-Quran," ujarnya.

Semua manusia, kata dia, diberi kelebihan oleh Allah SWT, tak terkecuali umatnya yang menderita cacat.

"Kami bersama sejumlah pengurus kemudian berdiskusi untuk mewadahi anak-anak cacat agar tetap mampu menulis dan membaca huruf arab, khususnya Al-Quran. Dari diskusi tersebut muncul gagasan untuk menggelar kegiatan seperti ini," ucapnya.

Ketua Panitia Pelaksana Khotmil Quran Bil Qolam, Ahmad Ahid Sufiyaji menjelaskan, kegiatan yang digagasnya itu dalam rangka Hari Pendidikan Nasional sekaligus Hari Ulang Tahun ke-89 NU.

"Ini bentuk kepedulian kami kepada mereka yang diciptakan dengan tidak bisa berbicara," ujarnya

Nantinya hasil tulisan para tuna wicara ini akan digabungkan dan dijadikan satu kumpulan menjadi sebuah Al-Quran.

"Mereka menulis per lembar bolak-balik huruf yang ada di dalam Al-Quran. Nantinya disatukan dan dibuat menjadi kitab. Selanjutnya akan dipamerkan di museum Nahdlatul Ulama," katanya.

Wakil Gubernur Jatim, Saifullah Yusuf, merespons positif dan berharap kegiatan tersebut dilaksanakan secara rutin.

"Kegiatan ini sangat layak diapresiasi dan jangan hanya sekali. Semua manusia ciptaan Allah SWT sangat ingin membaca Al-Quran," kata Saifulah, yang juga tokoh NU.[ant]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar