Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Melemah Lima Poin
Rupiah (Istimewa)
"Sentimen negatif dari Yunani kembali terangkat dipicu kekhawatiran keluarnya Yunani dari nilai tukar bersama yakni euro,"

Jakarta, Seruu.com - Mata uang rupiah kembali melemah lima poin terhadap dolar AS pada Selasa (15/5/2012) pagi, dipicu oleh pelaku pasar uang yang masih khawatir terhadap krisis keuangan di Eropa.

Nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksi antarbank di Jakarta pagi ini bergerak melemah sebesar lima poin menjadi Rp9.260 dibanding sebelumnya di posisi Rp9.255 per dolar AS.

"Sentimen negatif dari Yunani kembali terangkat dipicu kekhawatiran keluarnya Yunani dari nilai tukar bersama yakni euro," kata Managing Research Indosurya Asset Management, Reza Priyambada hari ini di Jakarta.

Ia mengatakan, krisis Eropa yang terus berlarut-larut membuat pelaku pasar uang enggan masuk ke pasar uang berisiko termasuk rupiah.

"Minimnya sentimen positif di pasar keuangan global mendorong investor memegang mata uang yang dinilai aman untuk menjaga asetnya yakni dolar AS dibanding memegang nilai tukar risiko termasuk rupiah," kata dia.

Pengamat pasar uang Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih menambahkan, sentimen negatif bersumber dari pelemahan nilai tukar euro karena khawatir keluarnya Yunani dari zona euro.

"Yunani masih memberikan kabar negatif. Pasar global kembali tertekan karena kekhawatiran keluarnya Yunani dari mata uang bersama, euro," kata dia.

Ia mengatakan, Menteri keuangan Uni Eropa (UE) yang bertemu kemarin di Brussels telah memperingatkan Yunani untuk menjaga komitmennya dengan dana talangan atau keluar dari zona euro.

Meski demikian, ia memperkirakan, mata uang rupiah kemungkinan akan dijaga BI pada kisaran Rp9.240 sampai dengan Rp9.260 per dolar AS.[ant]

Tags:

Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar