KPK Rilis Nomor Hotline Pengaduan Korupsi
Juru Bicara KPK Johan Budi SP (foto : Nurholis/seruu.com)

Jakarta, Seruu.com - Masyarakat yang melihat atau mendengar dugaan tindak pidana korupsi dapat mengadu ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Nomor pengaduan 1575 itu berlaku untuk beberapa operator nomor seluler.

KPK menggandeng 10 layanan operator seluler. KPK dan 10 operator itupun menandatangani kesepakatan di Jakarta, Senin (16/7). Tujuan layanan itu yaitu KPK mengajak 221 juta masyarakat yang memiliki telepon seluler untuk mengawasi dan memberanguskan korupsi di Indonesia.

Kesepuluh operator seluler itu yaitu PT AXIS Telekom Indonesia, Bakrie Telecom Tbk, Hutchison Telecommunication, PT Indosat tbk, PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia, PT Smartfren Telecom Tbk, PT Smart Telecom, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk, PT Telkomsel, dan PT XL Axiata Tbk.

KPK memberikan dua sistem layanan yaitu SMS pengaduan biasa dan whistle blowing yang memberikan informasi anonim. KPK menjamin kerahasiaan identitas warga pelapor.

Selain itu, kesepakatan tersebut pun membantu KPK meningkatkan pengawasan komunikasi dalam penyidikan suatu kasus korupsi. KPK berwenang meminta operator memberikan rekaman pembicaraan terkait suatu kasus.(ms)

Peraturan Komentar