Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar AS Melemah 30 Poin
Ilustrasi (Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Mata uang rupiah terhadap dolar AS pada Selasa pagi bergerak melemah sebesar 30 poin meski kesepakatan pencairan dana talangan kepada Yunani telah tercapai.

Nilai tukar mata uang rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta Selasa pagi bergerak melemah nilainya sebesar 30 poin menjadi Rp9.640 dibanding posisi sebelumnya di posisi Rp9.610 per dolar AS.

"Disepakatinya `bailout` Yunani sudah diantisipasi pelaku pasar pada hari sebelumnya, saat ini pelaku pasar tengah mencermati dampak dari kebijakan `austerity` (pengetatan anggaran) Yunani yang belum mencapai kesepakatan," kata analis Trus Securities Reza Priyambada di Jakarta, Selasa (27/11/2012).

Meski demikian, lanjut dia, pelemahan rupiah masih terbatas seiring sentimen positif terhadap langkah bank sentral Jepang (BoJ) yang mempertahankan stimulus dan ekspektasi positif pelaku pasar terhadap pencairan dana "bailout" sehingga mencegah Yunani dari potensi gagal bayar.

Pengamat pasar uang Samuel Sekuritas Lana Soelistianingsih menambahkan, Menteri Keuangan Uni Eropa yang bertemu kemarin (26/11) mencapai sepakat untuk mecairkan dana talangan kepada Yunani.

"Pertemuan itu merupakan yang ketiga kalinya dalam bulan November karena ketidaksepakatan atas proposal Yunani untuk mendapatkan pelonggaran atas konsolidasi fiskal sebelumnya," kata dia.

Ia mengatakan, Yunani membutuhkan waktu lebih lama dari target 2014 menjadi 2016 dengan jumlah dana talangan lebih besar yaitu 32,6 miliar euro dari sebelumnya 31 miliar euro.

"Permintaan itu membawa konsekuensi target defisit anggaran dan rasio utang terhadap PDB Yunani menjadi lebih besar, dan dikhawatirkan Yunani masih membutuhkan pinjaman yang lebih besar hingga tahun 2016," kata dia.[ant]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar