Irak Kini Miliki Tiga Pesawat C-130J
Pesawat C-130J

Baghdad, Seruu.Com - Irak hari Senin (17/12/2012) menerima tiga pesawat angkut dan akan segera memperoleh tiga buah lagi, demikian diumumkan Kedutaan Besar AS.

"Angkatan Udara Irak menerima tiga pesawat angkut C-130J pada acara penyerahan di Baghdad... Tiga pesawat C-130J lagi akan diserahkan dalam waktu dekat, termasuk peralatan pendukung dan pelatihan," kata kedutaan itu dalam sebuah pernyataan, lapor AFP.

Penyerahan itu dilakukan menjelang peringatan tahun pertama penarikan pasukan AS dari Irak setelah hampir sembilan tahun berada di negara itu.

Kedua negara tersebut masih memiliki hubungan erat militer, dan Irak telah memesan peralatan militer bernilai milyaran dolar dari AS, termasuk sejumlah tank M1 Abrams dan jet F-16.

Pasukan AS menyelesaikan penarikan dari negara itu pada 18 Desember 2011, meninggalkan tanggung jawab keamanan kepada pasukan Irak.

Namun, kekerasan yang terus berlangsung menggarisbawahi kekhawatiran mengenai kemampuan pasukan keamanan Irak, setahun setelah penarikan pasukan AS dari negara itu.

Selain bermasalah dengan Kurdi, pemerintah Irak juga berselisih dengan kelompok Sunni.

Perdana Menteri Irak Nuri al-Maliki (Syiah) sejak Desember mengupayakan penangkapan Wakil Presiden Tareq al-Hashemi atas tuduhan terorisme dan berusaha memecat Deputi Perdana Menteri Saleh al-Mutlak. Keduanya adalah pemimpin Sunni. [ant]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar