Pesan Paskah dari Paus Fransiskus
Paus Fransiskus
Kristus adalah damai kita dan kepadanya kita memohon damai untuk seluruh dunia

Seruu.com - Paus Fransiskus memimpin misa Paskah di hadapan puluhan ribu jemaat di Lapangan Santo Petrus, Vatikan.

Misa paskah ini merupakan yang pertama bagi Paus Fransiskus sejak Klik terpilih sebagai pemimpin Gereja Katolik Dunia pada tanggal 13 Maret lalu untuk menggantikan Klik Paus Benediktus XVI yang mengundurkan diri dengan alasan kesehatan

Paus juga menyampaikan pesan Paskah yang disebut Urbi et Orbi yang akan diterjemahkan ke dalam sedikitnya 60 bahasa.

Kotbahnya dimulai dengan dua pesan yang sederhana, "Selamat Paskah" dan "Kristus telah bangkit."

"Kristus adalah damai kita dan kepadanya kita memohon damai untuk seluruh dunia," tutur Paus kepada puluhan ribu yang memadati Lapangan Santo Petrus.

Sebagian jemaat Klik mengikuti misa melalui layar TV raksasa.

Dalam pesannya, Paus juga mengangkat beberapa krisis dunia, antara lain di Timur Tengah sehubungan dengan upaya perdamaian Israel dan Palestina, yang menurutnya masih berjuang menemukan jalan untuk sebuah kesepakatan.

Irak dan Suriah juga disebut dalam pesan Paskah.

"Damai di Irak, agar setiap tindakan kekerasan berakhir dan di atas semuanya untuk Suriah yang terkasih, untuk warganya yang tercabik-cabik oleh konflik dan juga untuk banyak pengungsi yang menunggu pertolongan dan penghiburan."

Sementara di Afrika, Paus merujuk Mali, Nigeria, Republik Demokratik Kongoi, dan Republik Afrika Tengah.

"Damai di Asia, di atas semuanya di Semenanjung Korea, semoga ketidaksepakatan diatasi dan semangat baru rekonsiliasi berkembang," tambah Paus.

Paus Fransiskus merupakan paus pertama yang berasal dari Amerika Latin dan dari Ordo Jesuit.

Paus yang berusia 76 tahun ini sudah menetapkan pendekatan baru di Vatikan dengan upaya mencapai warga biasa, khususnya orang-orang yang menurutnya memerlukan penghiburan dan pertolongan.

Dia juga mengejutkan sejumlah pastor yang bekerja di Vatikan karena makan di ruang makan bersama dengan pastor-pastor lainnya.

Dalam salah satu upacara menjelang Paskah, Klik Paus FransiskusKlik membasuh kaki 12 tahanan anak dan remaja sebagai cerminan ketika Yesus membasuh kaki 12 muridnya sebelum Perjamuan Terakhir.

Selain itu, paus menggunakan bahasa gaya percakapan dalam menyampaikan pesan-pesanya agar lebih mudah dimengerti. [bbc/mal]

Tags:

Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar