Ini Perhitungan BI, Jika Harga BBM Bersubsidi Naik
Ilustrasi (Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Menyikapi rencana kebijakan pemerintah dalam kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. Bank Indonesia (BI) mengaku telah melakukan perhitungan terkait dampak yang akan diberikan oleh kebijakan yang sedianya akan keluar pada bulan Mei 2013 mendatang.
 

Ekonom BI, Muslimin Anwar mengatakan bahwa ada dua skenario kebijakan yang telah dikaji oleh BI terkait pengendalian BBM bersubsidi. Pertama, jika harga BBM bersubsidi jenis Premium dan solar dinaikan menjadi Rp7.000 per liter untuk mobil pribadi, mobil dinas, sektor pertambangan dan perkebunan. Dan untuk kendaraan umum dan sepeda motor tetap pada harga Rp4.500.

Maka dampaknya akan memberikan sumbangan terhadap inflasi sebesar 0,79 persen dengan besaran inflasi akhir tahun sekitar 6,1 persen.

"Sumbangan terhadap inflasi dari kenaikan premium itu sekitar 0,76 persen sedangkan untuk kenaikan harga solar 0,03 persen," kata Muslimin, di Jakarta, Rabu (24/4/2013).

Yang kedua, jika pemerintah menaikan harga BBM bersubsidi jenis solar dan premium sebesar Rp1.000 per liter, dan dilanjutkan pembatasan BBM bersubsidi kendaraan pribadi di Jabodetabek, kemudian disusul pembatasan BBM bersubsidi di 4 kota besar (Bandung, Semarang, Surabaya dan Denpasar). Maka akan menyumbang inflasi sebesar 2,16 persen terhadap inflasi tahunan.

"Perhitungan ini sudah memasukan kemungkinan naiknya tarif angkutan sebesar 18 persen akiban kenaikan harga BBM bersubsidi," ungkapnya.

Namun, meski kenaikan harga BBM bersubsidi berdampak pada kenaikan inflasi jangka pendek (paling lama 3 bulan). Kebijakan ini pun kata dia, akan berimbas positif terhadap perekonomian nasional.

"Misalnya, adanya penguatan nilai tukar rupiah dan membaiknya neraca pembayaran dalam jangka pendek, meskipun pertumbuhan ekonomi akan lebih rendah," kata dia. [Wishnu]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar