Permudah Informasi, KPU Luncurkan Nama-Nama Caleg DPR 2014-2019
Logo KPU (istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Komisi Pemilihan Umum meluncurkan nama-nama calon legislatif DPR RI periode 2014-2019 yang didaftarkan oleh 12 partai politik nasional peserta Pemilu, hal ini bertujuan demi memudahkan para caleg maupun masyarakat agar bisa ikut serta dalam pengawasan.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Husni Kamil Manik mengatakan, hal itu bisa didapat masyarakat dengan langsung mengakses informasi mengenai caleg di website resmi KPU di alamat www.kpu.go.id. KPU pun, memberikan waktu bagi masyarakat 12 Juni 2013 hingga 22 Agustus 2013 untuk menyampaikan temuan-temuan itu kepada KPU.

"Tentunya peran masyarakat sangat besar dalam proses pengawasan administrasi pencalegan. Laporan masyarakat itu nantinya akan kita konfirmasi dengan partai politik," kata Husni saat meluncurkan informasi caleg di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (24/4/2013).

Jika memang nantinya masyarakat menemukan kekeliruan yang bermasalah, kata Husnii masyarakat bisa langsung menyampaikannya kepada KPUD kalau ada masalah dengan tingkat daerah. Sedangkan, untuk DPR RI disampaikan di tingkat KPU Pusat.

"Masyarakat bisa melaporkan dalam bentuk misalnya caleg tersebut ada indikasi menggunakan ijazah palsu, memalsukan umur hingga kesehatannya," ucapnya.

Lebih lanjut pihaknya pun mengaku akan membuat jejaring sosial seperti Twitter dan Facebook, demi mempermudah pelaporan masyarakat kepada KPU. Tetapi katanya, laporan yang akan direspon tentunya harus masyarakat yang memiliki identitas yang lengkap.

"Kita akan buat akun Twitter dan Facebook untuk menampung aspirasi dan aduan masyarakat," ungkapnya.

Selain itu, KPU juga akan membuat email khusus untuk menampung aspirasi yang nantinya dikelola oleh bidang humas untuk melayani masyarakat.

Dia menambahkan, hingga saat ini petugas verifikasi masih meneliti berkas kelangkapan daftar calon dan bakal calon yang diajukan oleh masing-masing partai politik. Penelitian tentang kelengkapan, kebenaran dan kebasahan dokumen akan berlangsung selama 14 hari yakni tanggal 23 April sampai 6 Mei 2013. [Wishnu]

Tags:

Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar