Konsep Empat Pilar Jadi Warisan Taufik Kiemas
Ketua MPR Taufik Kiemas menghadiri acara Hut Forum Silaturahmi Anak Bangsa (FSAB) yang ke- 10 di gedung DPR/MPR, Jakarta. Sabtu (25/5/2013) -- Foto: Dhanny Krisnadhy/ Seruu.Com

Jakarta, Seruu.com - Konsep empat pilar negara yang dicetus oleh Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Taufiq Kiemas telah membuahkan banyak manfaat bagi bangsa dan negara. Seperti halnya, menurut Anggota Komisi II DPR Mestariany Habie, empat pilar yang ditawarkan oleh Taufiq Kiemas dinilainya telah mengisi ruang kosong pendidikan moral dan dasar kehidupan bernegara yang selama ini kosong.

"Empat Pilar merupakan legacy (warisan) Pak Taufiq Kiemas kepada bangsa Indonesia yang sangat berharga," kata wanti yang akrab disapa Nani ini kepada Seruu.com, Minggu (9/6/2013).

Namun kini, bapak empat pilar tersebut telah pergi meninggalkan kita semua untuk selama-lamanya. Taufiq wafat diusia 71 tahun, di General Hospital Singapura, Sabtu (8/6/2013) kemarin.

Empat pilar negara yang dimaksud Taufiq Kiemas adalah Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhineka Tunggal Ika.

Selain itu, bagi Nani, figur kebapakan yang ditampilak oleh Taufiq yang juga politisi senior Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) itu dalam memimpin MPR membuat MPR kompak dan semakin berwibawa. "Dan yang tidak kalah pentingnya adalah bahwa dalam kepemimpinan beliau sebagai Ketua MPR, konsep empat Pilar diinisiasi dan dikembangkan," imbuh politisi asal Partai Gerindra ini.

Lebih lanjut, Nandi dan Partai Gerindra turut berbelasungkawa yang mendalam atas berpulangnya Bapak Taufik Kiemas. Menurut Nani dan Gerindra, dengan kepergian Taufiq, pihaknya merasa telah kehilangan.

"Kedewasaan berpolitik dengan mengedepankan kepentingan nasional tinimbang kepentingan diri dan golongan merupakan suri tauladan beliau yang harus dicontoh oleh politikus yang lain, terutama saya," tutup Nani. [Wishnu]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar