BNN Bekuk Ratu Kurir Narkoba Jaringan Internasional
Foto : Ilustrasi

Jakarta, Seruu.Com - Badan Narkotika Nasional (BNN) berhasil menangkap ratu kurir narkoba berinisial RW yang telah diincar selama satu tahun.

"Kami berhasil menangkap seorang perekrut kurir yang melibatkan jaringan internasional pada Kamis (27/6) di Cibubur," kata Direktur Penindakan dan Pengejaran BNN Irjen Pol Benny Mamoto di Jakarta, Senin (01/7/2013).

Dia mengatakan pada hari yang sama, selain RW, pihaknya juga menangkap tiga tersangka lain yakni TL dan ED di Surabaya serta U di Cirebon. Ketiga tersangka tersebut bekerja di bawah perintah RW.

Untuk mengungkap kasus ini, BNN bekerja sama dengan counterpart yang ada di India, Malaysia, Singapura dan Filipina.

Benny menambahkan kasus ini terungkap setelah beberapa kurir yang direkrut oleh RW berhasil ditangkap dalam kurun waktu 2011 - 2013 yakni SW dan RA (ditangkap di Filipina), TA (Surabaya), RW (Bandung), HE (Malaysia) dan CH (Singapura). "Para kurir ini setelah dimintai keterangan, mereka menunjuk pada satu tokoh yakni RW," katanya

RW alias K alias V bertugas untuk merekrut kurir di Indonesia untuk diberangkatkan ke luar negeri. "Order permintaan kurir berasal dari sindikat di luar negeri," katanya.

Sementara TL dan ED yang merupakan pasangan suami istri, bertugas untuk mengurus dokumen keimigrasian para kurir. Sedangkan U bertugas untuk menerima dan mengirimkan uang melalui transfer rekening bank.

Benny menjelaskan setelah RW menugaskan kurir untuk membawa narkoba, selanjutnya kendali perintah akan diambil alih oleh jaringan sindikat yang ada di luar negeri.  [Ant/rn]

Tags:

Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar