Situasi Mesir Memanas, KBRI Imbau WNI Tingkatkan Kewaspadaan

Kairo, Seruu.Com -  Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) mengimbau seluruh warga negara Indonesia untuk waspada pasca-ultimatum militer Mesir menyangkut keamanan di negara itu.

Direktur Informasi dan Media Kementerian Luar Negeri, PLE Priatna, dalam keterangannya Selasa (2/6/2013), mengatakan, berdasarkan keterangan kedutaan Indonesia di Mesir, kondisi warga Indonesia tetap aman. Namun pihak kedutaan mengimbau warga Indonesia untuk menghindari keramaian dan tetap tinggal di dalam rumah kalau tidak ada kegiatan yang mendesak.

"KBRI juga telah menyebarkan imbauan agar WNI menghindari tempat keramaian aktivitas politik serta imbauan bila tidak ada kegiatan mendesak, agar tinggal tetap di rumah," kata Priatna.

Meski ketegangan politik di Mesir meningkat, Kantor KBRI di Kairo tetap buka dan beraktivitas seperti biasa. KBRI saat ini sedang berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait di Mesir untuk memberi perlindungan terhadap semua WNI.

Jumlah WNI di Mesir berkisar 5.000 orang, yang sebagian besar adalah mahasiswa. Mereka tersebar di sejumlah provonsi di Mesir selain di kota Kairo.

Pada Senin 1 Juli, militer Mesir memberikan ultimatum kepada semua kekuatan politik di negeri itu. Militer memberikan waktu 48 jam sejak Senin 1 Juli malam kepada kekuatan politik di Mesir untuk memecahkan krisis sesuai dengan tuntutan rakyat.

Ultimatum militer yang diumumkan lewat televisi itu antara lain menyebutkan bahwa militer tidak terlibat dalam kekisruhan politik saat ini, namun bertanggung jawab atas keamanan negara. Pesawat tempur dan helikopter militer intensif memantau situasi di udara Kairo.

Kondisi Mesir kembali memanas setelah terjadi unjuk rasa menentang pemerintahan Presiden Mohamed Morsi. Kerusuhan terjadi di sejumlah wilayah. Sekitar 17 orang dilaporkan tewas dan ratusan lainnya terluka dalam aksi unjuk rasa itu. [Ksr]

Tags:

Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar