Din Syamsuddin: Biaya Sidang Itsbat Habiskan Dana 9 M
Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin (Istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Sidang Itsbat penentuan awal Ramadhan yang digelar oleh pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) ternyata menghabiskan dana Rp 9 miliar. Hal ini seperti yang dikatakan oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Din Syamsuddin.

Untuk itu, Din menyayangkan besarnya biaya Sidang Itsbat tersebut. Sebab, uang yang digunakan adalah uang rakyat."Sidang Isbat mahal, biayanya sampai Rp 9 miliar. Uang yang digunakan itu adalah uang rakyat," kata Din di Jakarta, Senin (8/7/2013) kemarin.

Dia juga menambahkan, Muhammadiyah dalam menetapkan awal Ramadhan dengan berlandaskan keyakinan dan dalil-dalil syariat dan kaidah ilmiah. Hal itu, lanjut Dian adalah sesuatu yang mendasar. Muhammadiyah, kata Dian menetapkan awal Ramadhan dengan dua kriteria, yakni Ijtima atau konjungsi yaitu matahari dan bulan berada dalam satu garis lurus, hal itu terjadi sebagai tanda akhir bulan.

"Kriteria kedua yang dipakai PP Muhammadiyah adalah pada sore harinya ketika matahari tenggelam, bulan masih berada di atas ufuk atau cakrawala berapapun derajatnya, itulah hilal. Dengan dua kriteria tersebut, kami dapat mengetahui awal puasa 1.000 tahun lagi," tandasnya.

Seperti yang diketahui, pemerintah melalui Sidang Itsbat telah menetapkan awal Ramadhan tahun ini jatuh pada Rabu 10 Juli 2013. [nr]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar