Indonesia Terus Pulangkan WNI di Suriah Secara Bertahap
Bangunan - bangunan di sebuah kota di Suriah hancur. (Foto: AFP)

Jakarta, Seruu.com - Terkait dengan perkembangan situasi dan kondisi di Suriah yang tidak menentu khususnya pasca adanya dugaan penggunaan senjata kimia dan ancaman intervensi militer di Suriah, sebagaimana telah selama ini dilakukan, Pemerintah akan terus memberikan perlindungan WNI di Suriah termasuk memulangkan WNI ke tanah air.

"Sesuai dengan data yang tercatat di imigrasi Suriah sebelum krisis, WNI di Suriah diperkirakan berjumlah 12.572 orang.  Sejak kondisi politik dan keamanan di Suriah tidak stabil, Pemerintah telah memfasilitasi pemulangan 8.682 WNI di Suriah baik yang melalui jalur udara dari Damaskus maupun dengan jalur darat melalui Beirut (Lebanon) dan Ankara (Turki). Saat ini diperkirakan sekitar 3.890 WNI masih berada di Suriah," kata Menteri Luar Negeri RI  Marty Natalegawa dalam keterangan persnya, Senin (2/9/2013).

Sejak Februari 2012 hingga 30 Agustus 2013, Pemerintah telah memulangkan WNI dari Suriah secara bertahap dalam 178 gelombang (sortie) dengan jumlah 5.114 WNI ke tanah air. Selain itu, Pemerintah juga telah memfasilitasi pemulangan lebih dari 3.568 WNI melalui pengurusan dokumen keimigrasian dan hal-hal terkait lainnya.

"Perlindungan WNI di saat kondisi dan situasi di Suriah yang saat ini terlibat konflik sangat kompleks. Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah termasuk mengevakuasi WNI dari area konflik ke tempat-tempat yang lebih aman di Suriah termasuk membawa WNI ke negara-negara tetangga di Suriah yaitu Lebanon dan Turki melalui jalur darat," tambahnya.

Sejak kondisi di Suriah bergolak, Pemerintah telah membuat 3 penampungan di Suriah baik di Damaskus, dan kota lainnya yaitu Aleppo dan Lattakia untuk memastikan keamanan dan perlindungan bagi WNI di Suriah.

"Hingga saat ini tercatat, 211WNI berada di penampungan Damaskus, 35 di Aleppo, 8 di Lattakia dan 154 di Beirut. KBRI terus menjalin kontak dan komunikasi dengan WNI yang masih berada di Suriah. Saat ini KBRI sedang memproses pemulangan 866 WNI dari Suriah," pungkasnya. [Irm]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar