Wakil Ketua DPR: Sutarman Layak Menjadi Kapolri
Komisaris Jenderal Polisi Sutarman. (Dok. Seruu.com)
Sejak diberitakannya nama-nama calon Kapolri, saya sudah yakin Presiden pasti akan menyodorkan nama Sutarman. Saya melihat dari rekam jejak beliau yang baik. Dan, dia juga merupakan perwira senior Polri yang handal dan mampu merekatkan seluruh anggota Polri, serta mampu menjalin koordinasi yang baik dengan rekan kerjanya, baik di TNI dan KPK -- Priyo Budi Santoso

Jakarta, Seruu.com - Wakil Ketua DPR RI Priyo Budi Santoso mengatakan Komjen Polisi Sutarman seorang senior perwira yang tidak hanya memiliki rekam jejak yang baik, namun juga sosok yang handal dan mampu menjalin kerjasama yang baik dengan TNI dan KPK.

"Sejak diberitakannya nama-nama calon Kapolri, saya sudah yakin Presiden pasti akan menyodorkan nama Sutarman. Saya melihat dari rekam jejak beliau yang baik. Dan, dia juga merupakan perwira senior Polri yang handal dan mampu merekatkan seluruh anggota Polri, serta mampu menjalin koordinasi yang baik dengan rekan kerjanya, baik di TNI dan KPK," ujar Priyo di Jakarta, Rabu (09/10/2013).

Karenanya, Priyo sudah menduga jika Sutarman akan menggantikan Jenderal Pol Timur Pradopo menjadi Kapolri. Pasalnya, diantara bintang-bintang (nama-nama jenderal polisi) yang tersedia, Sutarman dinilai cocok untuk menjadi Kapolri.

"Di antara bintang-bintang (nama-nama jenderal polisi) yang tersedia, Sutarman rasanya memang yang paling cocok. Saya rasa juga tidak akan ada hambatan dalam fit and proper test,” ujarnya.

Selain itu, lanjut Priyo, dalam laporan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK), yang ia ketahui untuk Sutarman tidak ditemukan adanya catatan keuangan yang mencurigakan dari rekening miliknya serta bebas dari dugaan pemilik rekening gendut perwira tinggi Polri.

“Pak Yusuf, Kepala PPATK juga sudah melaporkan itu kepada DPR. Ditegaskan bahwa Sutarman calon yang clear. Jadi saya kira beliau pantas menjadi Kapolri,” tandas Politisi Partai Golkar ini.

Hal yang senada juga disampaikan anggota Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) Adrianus Meliala. Dia berpendapat sosok Sutarman yang paling tidak bermasalah dibandingkan dengan calon-calon lainnya.

"Dia ini kan yang paling less problematic dibandingkan dengan calon-calon lainnya," pungkasnya. [Cesare]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar