Kasus Dokter Ayu Baru Pertama Kali di Dunia

Jakarta, Seruu.com - Dokter ahli kandungan Rumah Sakit (RS) Immanuel, Bandung Dr.dr. J.Teguh Widjaja, SpP menyatakan kasus yang melanda dokter kandungan Rumah Sakit (RS) Kandou Manado, Sulawesi Utara (Sulut) dr. Dewa Ayu Sasiary yang divonis bersalah oleh Mahkamah Agung (MA) dan di penjara karena diduga melakukan malpraktek yang mengakibatkan pasien bernama Julia Fransiska Makatey (26) meninggal dunia setelah operasi caesar, baru pertama kali terjadi dunia.

"Kami protes karena ini (kasus dr Ayu) adalah kasus pertama di dunia seorang dokter di penjara karena komplikasi tindakan padahal semua prosedur sudah dijalankan dengan benar," kata Dr.dr. J.Teguh Widjaja dalam keterangan tertulisnya, Rabu (27/11/2013).

Menurutnya, pasien meninggal akibat emboli (suatu komplikasi langka) jarang terjadi maupun bisa terjadi tanpa dapat dicegah yang lebih sering terjadi di Luar Negeri (LN) daripada di Indonesia. "Kami protes karena di LN bahkan di USA sekalipun dokter tidak dipenjara apabila terjadi komplikasi tersebut," ujarnya.

Dia menuturkan, para dokter tidak pernah protes ketika ada dokter yang ditangkap karena abortus ilegal, korupsi atau jelas salah prosedur medis. Namun, lanjut dia, saat ini para dokter protes karena dr. Dewa Ayu Sasiary dihukum penjara karena pasien yang di SC meninggal padahal semua prosedur medis sudah dilakukan sesuai SOP.

"Kami protes karena pertimbangan untuk menghukum tersangka karena yang bersangkutan dianggap lalai tidak memberitahu keluarga pasien bahwa pasien bisa mati karena operasi tersebut," jelasnya.

Dia mengatakan, seorang dokter tidak akan pernah dengan sengaja membiarkan pasiennya meninggal dunia kecuali dokter tersebut sudah gila. "Kasus ini bisa jadi preseden sehingga kedepannya akan banyak dokter yang di hukum penjara karena pasien meninggal dunia padahal dokter tersebut sudah berusaha sekuat tenaga untuk menolong," demikian Teguh. [wishnu]

Tags:

Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar