Gempa 6,7 SR Guncang Chile, Timbulkan Tsunami
Puluhan warga Chile berhamburan ke luar rumah mereka menyusul gempa 6,7 skala Richter. (Foto: AFP)

Santiago, Seruu.com - Gempa berkekuatan 6,7 skala Richter mengguncang pantai utara Chile pada Minggu (16/3/2014) waktu setempat. US Geological Survey (USGS) mengatakan gempa tersebut menimbulkan tsunami kecil dan memaksa pemerintah untuk mengevakuasi tiga kota di negara itu.

Gempa tersebut terjadi pada sekitar pukul 18.16 waktu setempat atau Senin pukul 04.16 WIB.

USGS awalnya mencatat, gempa itu berkuatan 7,0 SR. Pusat gempat terletak sekitar 60 kilometer di barat laut kota pelabuhan Iquique, di kedalaman 20 kolimeter. Gempa itu diikuti oleh serangkaian gempa susulan.

Pusat Peringatan Tsunami Pasifik mengatakan, pembacaan permukaan laut menunjukkan ada tsunami yang ditimbulkan gempa itu. Aktivitas gelombang tsunami diukur setinggi 28cm.

"Tsunami mungkin telah menimbulkan kerusakan di sepanjang pantai dalam jarak 200 km dari episentrum gempa," kata pusat tsunami itu.

"Bahaya bagi kapal-kapal dan bangunan di pesisir pantai dapat berlanjut selama beberapa jam karena arus laut yang cepat."

Kantor Darurat Nasional Chile mengatakan, perintah evakuasi dikeluarkan untuk kota Arica dan Tocopilla karena ancaman tsunami. Namun sejauh ini tidak ada laporan soal korban cedera atau kerusakan infrastruktur.

Pada Februari 2010 lalu, Chile tengah dan selatan dilanda gempa kuat 8,8 skala Richter  diikuti dengan tsunami yang menghancurkan puluhan kota .

Gempa menewaskan lebih dari 500 orang. [AFP/Irm]

Tags:

BAGIKAN


Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
Peraturan Komentar