Yusril: Soal Kabinet, Jokowi Tidak Perlu Tunggu Pertimbangan DPR
ilustrasi (istimewa)

Jakarta, Seruu.com - Pakar Hukum Tata Negara Yusril Ihza Mahendra mengatakan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tidak perlu meminta pertimbangan DPR untuk membentuk kabinetnya, sekalipun ada perubahan nama kementerian.

Yusril menyebut, Undang-Undang Kementerian Negara juga tidak jadi penghalang perubahan tersebut selama bukan berupa perubahan nomenklatur dan tetap mencantumkan kementerian yang diamanatkan konstitusi.

"Enggak perlu Pak Jokowi minta pertimbangan DPR. Pembentukan kabinet, apa pun namanya (kementerian), itu hak prerogatif presiden," kata Yusril, saat dihubungi pada Rabu (22/10/2014).

Menurut Yusril, perubahan nama kementerian tidak masuk kategori perubahan nomenklatur sebagaimana definisi pengubahan kementerian dalam UU Kementerian Negara. Terlebih lagi, kata dia, UU Kementerian Negara tak menyebutkan secara rinci mengenai ketentuan soal pengubahan kementerian ini.

Ia juga menambahkan, aturan tegas soal kementerian negara di UU ini hanya untuk tiga kementerian, sebagaimana amanat UUD 1945, yaitu Kementerian Dalam Negeri, Kementerian Luar Negeri, dan Kementerian Pertahanan, yang diatur dalam Pasal 5 ayat 1 UU Kementerian Negara.

Oleh karena itu, Yusril berpendapat, Jokowi baru diwajibkan meminta pertimbangan DPR jika perubahan nomenklatur kabinet dilakukan di tengah jalan. Menurut UU Kementerian Negara, ketika perubahan nomenklatur terjadi, permintaan pertimbangan itu harus dijawab oleh DPR dalam waktu tujuh hari, dan akan dianggap sudah dijawab oleh DPR jika belum ada tanggapan hingga lewat dari masa itu.

"Misalnya, Kementerian Kelautan dan Perikanan mau diganti jadi Kementerian Maritim oleh Pak Jokowi, ya bisa saja, langsung jalan. Kecuali kalau nanti Kementerian Maritim mau diubah jadi Kementerian Kelautan dan Perbatasan misalnya, itu baru harus minta pertimbangan DPR. Jadi, simpel saja," tandasnya. [nr]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU