Pembenahan dan pengetatan dilakukan Kementerian Perindustrian
Kementerian-Perindustrian

Jakarta, Seruu.com - Pembenahan dan pengetatan dilakukan oleh Kementerian Perindustrian dalam pengolahan anggaran secara cermat pada setiap satuan kerja dalam upaya membuat Laporan Keuangan dengan Sistem Akuntasi Instansi Berbasis Akrual (SAIBA).

Demikian disampaikan Inspektur Jenderal Kementerian Perindustrian, Soerjono melalui siaran pers diterima di Jakarta, Selasa (7/6).

Soerjono memaparkan bahwa perbaikan dan peningkatan pengelolaan anggaran dilakukan terutama dalam Sistem Pengendalian Internal terkait dengan penatausahaan, pencatatan dan pelaporan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP), pencatatan persediaan serta aset Kementerian. Salah satu hal yang penting diperhatikan dalam upaya ini adalah peningkatan kemampuan SDM dalam melaksanakan pengelolaan anggaran secara tertib dan akuntabel.

"Secara paralel, SDM pengelola anggaran di Kemenperin ditingkatkan kemampuannya dalam penatausahaan dan pengelolaan anggaran berbasis akrual," kata Soerjono.

Begitu juga kemampuan SDM pengawas internal ditingkatkan agar mampu memastikan penatausahaan dan pengelolaan anggaran sudah sesuai dengan peraturan yang berlaku. Berbagai upaya tersebut, akhirnya membuat Laporan Keuangan Kemenperin untuk Tahun Anggaran 2015 meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). (ANT/RS)
 

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU