Presiden Jokowi Terima Anugerah Global Islamic Finance Awards
Presiden Jokowi menerima anugerah di acara Global Islamic Finance Awards di Hotel Fairmont, Jakarta, Kamis (29/9) malam. (Foto: Oji)

Jakarta, Seruu.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri acara penganugerahan Global Islamic Finance Awards "Exellence In Islamic Finance" yang berlangsung di Hotel Fairmont, Jakarta, Kamis (29/9). Acara yang diselenggarakan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam rangka International Conference on Islamic Finance 2016 ini membawa topik "Revitalising Islamic Finance in the New Normal Era".

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi mengemukakan bahwa Indonesia yang memiliki penduduk muslim terbesar di dunia mempunyai peluang yang sangat besar dalam ekonomi syariah.

"Dari 252 juta penduduk Indonesia, 216 juta adalah muslim. Inilah sebuah peluang yang bisa kita manfaatkan untuk mendorong ekonomi syariah berkembang di Indonesia," ujar Presiden Jokowi.

Selanjutnya, Jokowi menjelaskan bahwa saat ini baru sekitar 5 persen dari potensi yang ada, ada opportunity sebesar 95 persen yang masih bisa dikembangkan. "Inilah yang akan terus saya dorong, akan terus saya dorong. Karena kita sudah mempunyai UU Perbankan Syariah," ujarnya.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menambahkan bahwa ekonomi syariah masih bisa dikembangkan karena Indonesia juga sudah mempunyai UU Sukuk, UU Asuransi Syariah, dan juga sudah mempunyai KNKS (Komite Nasional Keuangan Syariah) yang baru ditandatangani.


Dalam RPJMN 2015-2019, pemerintah memberikan prioritas keuangan syariah dimana ia menaruh juga dalam rencana RPJMN dalam 5 tahun ke depan. Inilah peluang-peluang yang bisa diambil dalam rangka memperkuat dan mengembangkan ekonomi syariah.

"Keuangan, bisnis, saya kira masih terbuka lebar. Perbankan, asuransi, pariwisata halal, industri halal, daging, kosmetik, saya kira masih banyak sekali. Potensi yang ada ini saya persilakan Bapak/Ibu sekalian untuk mengambil peluang secepat-cepatnya," ujar Presiden.

Diakhir sambutannya, ia mengajak para pemenang GIFA untuk berbagi pengalaman dan ide untuk mengembangkan ekonomi syariah secara global. Menjadi inspirasi sehingga semua bisa belajar, bisa terinspirasi dan bisa terjun ke lapangan untuk mengembangkan lebih banyak produk dan pelayanan yang juara untuk ekonomi syariah di seluruh dunia.

[hs]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: star goldstar goldstar goldstar goldstar gold (1 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU