Donald Trump Umumkan Akan Menarik AS Dari Kerjasama TPP
Presiden terpilih AS, Donald Trump (Istimewa)

Washington, Seruu.com - Presiden Amerika Serikat (AS) yang baru terpilih, Donald Trump mengeluarkan pengumuman akan menarik Amerika Serikat dari Kerja sama Trans Pasifik atau Trans-Pacific Partnership (TPP) pada hari pertama ia bertugas.

"Saya akan mengeluarkan pemberitahuan soal niat menarik diri dari TPP, yang merupakan potensi bencana bagi negara kita," kata Trump seperti dilansir Xinhua.

Trump membuat pernyataan tersebut dalam sebuah video singkat, di mana ia menyampaikan rencana kebijakan untuk 100 hari pertama bertugas sebagai Presiden AS.

"Sebaliknya, kami akan bernegosiasi terkait penawaran perdagangan bilateral yang adil, yang dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan industri bagi Amerika," tambahnya.

Trump mengatakan, ia akan membatalkan pembatasan pekerjaan pada produksi energi Amerika dan menciptakan jutaan pekerjaan dengan gaji tinggi.

Terkait etika reformasi, pejabat pemerintah akan dilarang menjadi pelobi dalam lima tahun pertama setelah meninggalkan pekerjaan dan akan dilarang melobi atas nama pemerintah asing untuk hidup. Trump juga berjanji untuk menyusun rencana keamanan nasional yang komprehensif dan melakukan penyelidikan terkait pelanggaran program visa.

Dalam peraturan tersebut, Trump mengatakan untuk setiap satu peraturan baru, dua peraturan lama harus dihilangkan. Kebijakan ini bertujuan mereformasi Washington dan membangun kembali kelas menengah Amerika, kata Trump.

Trump menjadi presiden terpilih AS pada awal bulan ini, setelah mengalahkan Kandidat Presiden dari Partai Demokrat Hillary Clinton. Ia sekarang dalam proses pembentukan pemerintahan dan mempersiapkan secara resmi untuk mengambil alih Gedung Putih pada 20 Januari.

Diketahui, TPP merupakan perjanjian perdagangan bebas antara 12 negara Asia-Pasifik, yang telah ditandatangani namun belum diratifikasi oleh anggota parlemen AS. Selama kampanye pemilu, Trump mengatakan dia sangat menentang kesepakatan tersebut.

[Ant]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU