Tahun 2017, Tingkatkan Pendapatan Negara Dari Sektor Migas
ilustrasi Pertambangan

Jakarta, Seruu.com- Beberapa jam lagi, tahun 2016 yang penuh dengan kenangan kita tinggalkkan untuk menuju tahun yang baru, yakni tahun baru 2017. Mengenai proyeksi tahun 2017, Mantan aktivis 98, Taufan Hunneman mengaku tetap optimis akan pertumbuhan ekonomi yang positif.

 

Disamping itu, penjelasannya dalam pesan singkat yang diterima Redaksi Seruu.com, Sabtu (31/12/2016), mulai ada infrastruktur yang selesai dan penanganan pelabuhan yang mampu menekan biaya logistik menyebabkan barang-barang dalam negeri kompetitif.

 "Namun tahun 2017 haruslah terjadi peningkatan pendapatan dari sektor migas salah satunya dengan mengelola sektor migas secara profitable, " tambah Taufan.

Hal ini bisa di mulai dengan mendorong perubahan SKK Migas menjadi bumn khusus untuk memaksimalkan hasil pendapatan di sektor migas.

Setidaknya ada 3 keuntungan, Menurut Taufan Hunneman yang menjabat komisaris BUMN JICT.
 
1. Perubahan menjadi bumn khusus di harapkan mampu menjalankan fungsi manajemen sesuai dgn good corporate governance

2. Dari segi investasi memberikan kepastian hukum atas legal entitas sebagai bumn khusus

3. Dari sisi relasi dibangun berdasarkan prinsip bisnis to bisnis sehingga apabila dispute maka negara tidak secara langsung sebagai para pihak

Karena berorientasi bisnis sehingga orientasi bumn ini adalah menghasilkan profitable sehingga memaksimalkan pendapatan dan itu baik bagi penerimaan negara.

"Bumn khusus ini nanti diatur dalam uu migas yang dalam regulasinya tunduk kepada Kementerian ESDM sebab hak mineral di tangan negara qq kementerian esdm dan secara manajemen di tangan kementerian terkait, " jelasnya

Dengan perubahan tersebut, menurutnya, sebagai perwujudan dari amanah konstitusi, yakni pasal 33 UUD 45.

"Karena menyangkit soal kekayaan negara maka sangat tepat apabila yang melakukan pelaksanaan adalah BUMN khusus, " tutup Taufan. [ndis]

BAGIKAN

Tags:



Rating artikel: (0 rates)
Rating
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar bwstar bwstar bwstar bw
  • star goldstar goldstar gold
KOMENTAR SERUU